Home » Edukasi » Gambar » 11 Contoh Sketsa Domba Mudah dan Simple

11 Contoh Sketsa Domba Mudah dan Simple

Berikut adalah kumpulan gambar sketsa domba lucu dan mudah ditirukan untuk menggambar atau mewarnai.

Domba adalah hean ternak yang memiliki banyak manfaat. Selain dimanfaatkan dagingnya, domba juga diambil bulunya sebagai bahan pakaian tebal.

Domba memiliki ciri-ciri berkaki empat, umumnya berwarna putih dan termasuk kelompok herbivora.

Gambar Sketsa Domba

1. Sketsa Domba Simple

sketa domba
pinterest.com

Mulailah menggambar dan mewarnai dari sketsa yang paling sederhana. Domba pada gambar memiliki bagian yang lengkap dan sama dengan jenis domba pada umumnya.

Domba memiliki bulu keriting. Biasanya bulu domba akan dicukur jika sudah mulai tumbuh lebat. Saat bulunya sudah dicukur, domba akan memiliki penampilan yang mirip dengan kambing.

2. Sketsa Domba Lucu

sketa domba
vecteezy.com

Jenis domba terlihat unik dan lucu karena tanduknya. Domba lucu pada sketsa berikut memiliki tanduk yang melengkung ke bawah. Ditambah lagi lingkungan yang tepat sangat cocok untuk domba ini.

Bagian tubuh domba terlihat lebih membulat dan memiliki kaki yang lebih pendek. Lemak bagian perut domba juga lebih banyak sehingga tubuhnya sangat berisi.

3. Sketsa Domba di Pekarangan

sketa domba
supercoloring.com

Domba adalah hewan ternak yang memiliki nilai jual tinggi. Karena termasuk hewan peliharaan, domba bisa ditemukan di sekitar pekarangan rumah. Sketsa berikut menampilkan gambar domba yang sedang berada di luar kandangnya.

Domba yang dibudidayakan adalah jenis domba dengan badan gemuk. Bulu domba bisa dimanfaatkan untuk pembuatan baju sedangkan kotorannya diolah menjadi pupuk kandang.

4. Anak Domba

pinterest.com

Anak domba berukuran lebih kecil dibandingkan induknya. Selain itu, anak domba tidak terlalu gemuk sehingga lipatan lemaknya terlihat sangat sedikit. Sketsa berikut cocok untuk menggambar dan mewarnai anak domba.

Pada gambar terlihat anak domba dengan telinga yang tegak mengarah ke bawah. Ukuran telinga anak domba juga kecil menyesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

5. Gambar Domba Lucu

pngitem.com

Tubuhnya yang bulat membuat gambar domba terlihat lucu. Bentuk wajahnya bulat dengan telinga menjuntai ke bawah. Bulu yang keriting dan cukup lebat membuat kakinya terlihat lebih pendek.

Sketsa domba lucu berikut bisa ditirukan untuk menggambar, bisa juga langsung diwarnai dengan cara mendownload gambarnya.

6. Menari

coloring-4kids.com

Domba yang sedang menari mungkin akan terlihat sangat menarik. Misalnya terlihat dalam posisi berdiri dengan satu kaki dan kedua tangan tegak mengarah ke atas.

Berbeda dengan jenis lain, domba ini memiliki telinga yang menjuntai ke bawah. Bulu keriting khas dombanya cukup lebat bahkan hingga bagian kepala penuh dengan bulu.

7. Mewarnai Gambar Domba

momjuction.com

Mewarnai gambar domba sangat mudah menggunakan sketsa berikut. Gambar domba berdiri tegak dengan keempat kakinya. Bentuk tubuhnya yang bulat dan tanduk melengkung akan mudah saat diwarnai.

Menariknya domba bisa ditemukan di padang rerumputan yang ditumbuhi bunga. Jadi, selain mewarnai domba, kalian juga bisa mewarnai habitatnya sekaligus. Download gambar, warnai, dan lihatlah hasilnya!

8. Domba dan Kupu-kupu

Sketsa berikut menampilkan gambar domba dan kupu-kupu yang tampak seperti sedang bermain. Domba berada di tanah seakan sedang mengejar kupu-kupu. Sedangkan kupu-kupu terlihat terbang di atas domba.

Keduanya menampilkan keceriaan. Jika ingin mewarnai, sebaiknya gunakan warna-warna cerah agar semakin mendukung suasana yang ceria.

9. Mengendarai Mobil

Kartun domba sedang menunggang mobil dan membawa bendera. Domba memiliki bulu yang lebat, telinga tegak mengarah ke atas, dan keempat kakinya berada dalam posisi menaiki mobil.

Domba pada sketsa berikut cukup sesuai karena mobil yang digunakan cocok dengan bentuk dan ukuran tubuh domba. Selain itu, susunan roda depan dan belakang menjadikan mobil terlihat proporsional.

10. Makan Rumput

Domba merupakan hewan ternak yang memakan rumput. Hewan ini berbeda dengan kambing yang lebih suka makan dedaunan. Pada sketsa terlihat gambar domba yang sedang mengunyah rumput.

Selain rumput, hewan domba juga memiliki alternatif pakan lainnya seperti dedak. Biasanya domba diberi makan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

11. Shaun the Sheep

Shaun the Sheep adalah kartun hewan berbentuk domba yang menjadi salah satu serial kartun favorit bagi anak-anak. Bagaimana tidak, domba Shaun sangat menggemaskan dari segi bentuk tubuh dan perilakunya.

Karakter ini memiliki wajah berwarna hitam dan tubuh putih yang ditutupi dengan bulu lebat. Banyak orang mengincar domba ini karena bulunya. Bulu domba Shaun keriting ikal dan sangat lembut. 

Itulah 11 sketsa gambar domba yang mudah digambar dan diwarnai. Dari sederetan contoh tersebut, kalian akan mewarnai gambar domba yang mana? Semoga gambar contoh ini bermanfaat ya!

Leave a Comment