17+ Contoh Sketsa Gambar Ikan Keren dari Beragam Jenis

Dalam artikel kali ini kita akan membahas contoh sketsa gambar ikan yang sangat beragam. Selain mendapatkan inspirasi untuk menggambar maupun mewarnai, ulasan singkat tentang jenis-jenis ikan tersebut akan menambah wawasan seputar Ika .

Keberadaan ikan selain untuk konsumsi, tidak sedikit jenis ikan dijadikan hiasan atau yang lebih populer disebut ikan hias. Penamaan tersebut tentu bukan tanpa dasar, selain memiliki bentuk yang unik, daya tarik yang menonjol adalah warna yang dimiliki. Tidak mengherankan bagi penghobi ikan hias rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mengoleksi berbagai macam ikan hias tersebut.

Sketsa gambar ikan kali ini hanyalah sebagian kecil saja. Melihat bentuk atau mendengar namanya, jenis ikan ini sangatlah tidak asing. Beberapa merupakan jenis ikan air tawar dan sebagian ikan yang hidup di laut.

Kumpulan Sketsa Gambar Ikan yang Indah

Menggambar atau mewarnai jenis ikan yang disukai tentu akan mempermudah dalam pengerjaannya. Jika sebelumnya jenis ikan yang dijadikan referensi hanya beberapa, dengan melihat beragam contoh ini lebih tentu bisa lebih berekspresi.

1. Ikan Koi

sketsa gambar ikan
folr.info

Memiliki warna mencolok dengan bentuk yang indah menjadikan ikan Mas Koi sebagai primadona penggemar ikan hias. Selain itu untuk mendapatkan ikan jenis ini juga tergolong mudah, perawatannya pun juga demikian tidak memerlukan strategi khusus. Untuk menggambar sketsa ikan koi fokuslah pada bagian badan terlebih dahulu, bisa memulainya pada bagian kepala. Setelah selesai baru menalnjutkan ke bagian yang lain.

2. Ikan Cupang

sketsa gambar ikan cupang
supercoloring.com

Sketsa gambar ikan berikut ini tentu muda ditebak ya sobat? Terutama penggemar ikan aduan. Sebenarnya sayang sekali jika ikan dengan bentuk yang indah ini dijadikan sebagai ikan aduan. Dalam khasus tertentu pemenang adalah yang berhasil merontokkan sirip lawannya hingga gundul lho! Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang sangat mudah dijumpai. Saat menggambar ikan Cupang bisa memodifikasi model sirip yang beaneka ragam.

3. Ikan Komet

sketsa gambar ikan
cassovia.info

Ikan Komet menjadi salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Namun banyaknya yang memelihara ikan ini tentu bukan itu saja alasannya. Bentuk dan warna khas yang dimiliki ikan Komet sangatlah berbeda dengan lainnya. Umumnya yang banyak dijumpai berwarna emas dengan kombinasi warna putih. Untuk menggambar jenis ikan ini yang paling menonjol perbedaannya adalah pada bentuk siripnya, serta badan yang mirip benda luar angkasa, komet.

4. Ikan Arwana

sketsa gambar ikan
texasnotebook.org

Salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari adalah ikan Arwana, bahkan harganya pun terbilang sangat tinggi karena ada yang mencapai puluhan juta. Berdasarkan berbagai informasi, populasi ikan Arwana menyebar di berbagai belahan dunia dengan ciri khasnya masing-masing. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis yang tergolong arwana Asia dengan ciri badan yang panjang dan berwarna perak.

5. Ikan Gupi

sketsa gambar ikan
pinterest.com

Ikan berukuran kecil dengan warna yang indah serta bentuk ekor yang menarik perhatian adalah ciri khas ikan Guppy. Ikan jenis ini sangat mudah berkembang biak dan merupakan jenis ikan hias air tawar. Kalian pasti sering melihat keberadaan ikan ini dengan mudah misalnya di parit sawah. Keunggulan lain yang mudah dikenali adalah warna yang dimiliki sangat mencolok dan indah.

Baca Juga:

6. Ikan Platy

 

sketsa gambar ikan
business.qld.gov.au

Meski memiliki bentuk dan warna yang indah, namun ikan platy terkenal memakan anak-anaknya lho! Ikan platy menjadi salah satu ikan hias yang digemari karena memiliki banyak jenis dengan beragam karakternya. Warna yang dimiliki sangat mencolok begitu juga bentuk sirip dan ekornya yang unik. Untuk menggambar sketsa gambar ikan platy yang paling menonjol adalah bentuk sisik dan garis-garis yang ada di sirip dan ekor.

7. Ikan Mas

sketsa gambar ikan mas koki
pinterest.cl

Membahas ikan hias dari ikan air tawar yang mudah dijumpai dan digemari banyak orang tentu nama ikan mas tidak ketinggalan. Memiliki warna khas dan sirip yang banyak dan melambai-lambai menjadikan ikan ini tetlihat indah dijadikan salah satu hiasan di aquarium. Untuk memnggambar sketsa ikan jenis ini terlihat simpel dan mudah untuk ditirukan.

8. Ikan Giru

sketsa gambar ikan
pngio.com

Saat melihat ikan giru terlihat ada yang aneh tidak? Yaps, ikan ini memiliki ciri seperti badut, maka tidak heran julukan ikan badut pun tersemat pada ikan giru. Umumnya warna ikan ini yang populer adalah campuran emas, hitam, putih dan jingga. Dengan ciri khas yang lucu itulah yang menjadikan ikan ini sangat indah saat dipajang di aquarium, terlebih berbaur dengan ornamen benda dan tumbuhan laut lainnya.

9. Ikan Lauhan

sketsa gambar ikan
pinterest.es

Karena nilai jualnya cukup tinggi ikan lauhan menjadi jenis ikan yang dibudidayakan untuk diperjual belikan. Namun, tidak semua penghobi ikan hias bisa memelihara ikan ini karena harga yang dimiliki. Di Indonesia ikan Lauhan pernah booming keberadaannya, hingga pelosok desa pun membahasnya.

10. Ikan Bidadari

sketsa gambar ikan
coloringbbay.com

Salah satu jenis ikan yang menyuguhkan keindahan adalah ikan bidadari. Seperti namanya, ikan ini memang terlihat feminim terlebih yang berwarna pink. Bentuk sirip dan ekor yang dimiliki menjadikan ikan bidadari sebagai salah satu ikan hias yang dipelihara. Selain itu, yang menjadi pembeda dengan jenis ikan lainnya adalah bentuk tubuh yang lebar.

11. Ika Discus

sketsa gambar ikan
webcomicms.net

Sketsa gambar ikan diskus ini memang terlihat sedikit galak, padahal ikan ini memiliki warna dan bentuk yang sangat cantik. Memang guratan warna di sekitar wajah, menjadikan ikan ini nampak seram. Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, ikan ini memiliki ciri khas mirip dengan ikan bidadari yang pipih dan lebar.

12. Ikan Pedang

sketsa gambar ikan
texasnotebook.org

Bagian dari swordtail fish yang sangat menonjol adalah bentuk ekor bawah yang menyerupai pedang. Keberadaan buntut yang unik tersebut melengkapi keindahan warna-warni yang dimiliki. Sehingga tidak heran jika banyak yang menggemari ikan pedang. Sketsa gambar ikan ini bisa kalian jadikan referensi saat menggambar atau mewarnai jenis ikan hias yang populer.

13. Ikan Zebra

sketsa gambar ikan
science.sciencemag.org

Jika dilihat corak tubuhnya ikan Zebra memiliki kesamaan dengan zebra, hanya saja terdapat variasi warna yang beragam. Karena bentuk dan keindahan warna-warni yang dimiliki inilah, ikan zebra menjadi salah satu jenis ikan hias yang digemari. Untuk membuat sketsa gambar ikan zebra ini kalian harus fokus pada garis-garisnya, karena ciri ini yang membedakan dengan jenis ikan lainnya.

14. Sketsa Gambar Ikan Hiu

gambar sketsa ikan
sketchbooknation.com

Disadari atau tidak banyak orang mengenal ikan hiu dari sebuah film yang mayoritas menggambarkan ikan ini sangatlah menakutkan. Maka tidak heran jika mendengar kata hiu membuat bulu kuduk merinding. Padalah sebenarnya. Padahal ikan hiu meskipun memiliki ukuran besar makanan utamanya adalah plankton. Plankton tersebut didapat dengan cara menyaring air laut.

15. Sketsa Gambar Ikan Lele

gambar sketsa ikan
clipart-library.com

Karena memiliki rasa yang lezat saat diolah menjadi menu makanan, ikan lele menjadi primadona banyak orang. Jika kalian mencari ikan ene dalam bahasa Inggris maka artinya adalah cat fish. Lele memang memiliki kumis layaknya kucing, maka tidak mengherankan jika memiliki nama itu. Selain kumis, pada gambar ini nampak juga seperti jenggot.

16. Ikan Lumba-lumba

gambar sketsa ikan
pinterest.com

Lumba-lumba menjadi ikan yang populer karena kemampuannya melompat tinggi di atas permukaan air. Bahkan lumba-lumba yang sudah dilatih bisa mengerjakan beberapa perintah dari pawangnya. Dengan kepiawaian tersebut ikan ini bisa diajak mencari pundi-pundi rupiah dengan penampilan atraksinya.

Demikian artikel singkat yang mengulascontoh  sketsa gambar ikan yang berasal dari beragam jenis. Jika kalian menyukai ikan hias, sebenarnya banyak sekali contoh yang akan kalian temukan jenisnya saat mencari referensi. Selamat berkarya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *