Home » Edukasi » Gambar » 13 Contoh Sketsa Helikopter Keren Beragam Bentuk

13 Contoh Sketsa Helikopter Keren Beragam Bentuk

Kali ini admin telah menyiapkan kumpulan contoh sketsa helikopter beragam bentuk yang bisa kalian tirukan. Model dan bentuknya sangat beragam.

Meskipun tidak mudah dijumpai, namun umumnya masyarakat sangat mengenal dekat dengan kendaraan ini. Biasanya yang berkaitan dengan kendaraan TNI.

Karena helikopter memiliki ukuran tidak terlalu besar, maka fungsinya pun sangat terbatas. Dan yang bisa memilikinya hanya instansi, perusahaan ataupun orang kaya raya.

Sketsa Helikopter

1. Sketsa Helikopter Untuk Anak SD Berwarna

sketsa helikopter

Helikopter merupakan alat transportasi udara yang memiliki beragam karakteristik dan fungsinya masing-masing. Kita Tentu saja atak asing melihat kendaraan ini karena ia menjadi salah satu kendaraan favorit anak-anak.

Bentuknya yang menarik dengan baling-baling di bagian atap dan ekor helikopter tentu saja menarik perhatian anak-anak. Apalagi jika diproduksi untuk sebuah figur animasi kendaraan satu ini dibuat berwarna dan mencolok. Indah sekali.

2. Sketsa Helikopter Tentara

sketsa helikopter

Helikopter sering diidentikkan dengan mainan anak-laki-laki. Hal ini dikarenakan keberadaan helikopter ini digunakan tak jauh dari medan yang ekstrim. Salah satu contohnya adalah helikopter tentara.

Helikopter Tentara merupakan alat transportasi yang digunakan oleh para tentara pada waktu-waktu tertentu. Fungsi helikopter dalam militer adalah sebagai alat transportasi untuk patroli, atau kegiatan-kegiatan lintas udara darurat yang mendesak.

3. Gambar Helikopter Simple

sketsa helikopter

Berbeda dengan pesawat yang berbentuk seperti burung besi dengan sayap kanan-kirinya yang terbuat dari besi, helikopter memiliki bentuk yang sedikit lebih kecil tanpa sayap kanan-kiri.

Namun, keberadaan baling-baling di tubuh dan ekor helikopter memiliki fungsi yang tak kalah menarik yaitu untuk mengangkat helikopter ke udara dan bermanuver maju, mundur, ataupun menyamping.

4. Gambar Helikopter Sederhana Lucu

sketsa helikopter

Alat transportasi udara dengan bentuk yang lebih kecil dibanding pesawat serta kemampuan manuvernya yang sempurna membuat burung besi satu ini menjadi kendaraan paling efektif untuk digunakan dalam perjalanan udara pendek yang privat dan mendesak.

Seperti pada gambar tersebut, dapat dilihat bahwa ukuran helikopter yang terbilang tak besar dan cenderung sederhana ini hanya mampu mengangkut tiga sampai lima orang dengan jumlah muatan yakni 12.700 kilogram.

5. Sketsa Helikopter Polisi

sketsa helikopter

Selain tentara yang dapat mengoperasikan alat transportasi udara secara legal, beberapa instansi pemerintahan juga mendapat izin untuk mengoperasikan helikopter sebagai alat transportasi mereka pada waktu tertentu, seperti instansi kepolisian.

Seperti yang kita ketahui bahwa instansi kepolisian memiliki tugas untuk melindungi warga negara, maka setiap kali diperlukan kepolisian diizinkan untuk mengoperasikan kendaraan tersebut. Mengenai bentuk sendiri baik helikopter polisi atau tentara tak jauh beda

6. Sketsa Helikopter Canggih

sketsa helikopter

Semakin berkembangnya waktu tentu saja bentuk dan ukuran helikopter pun turut berubah semakin modern. Helikopter masa kini memiliki ekor yang lebih panjang dan runcing. Model baling-balingnya pun berubah semakin bertambahnya waktu.

Sedangkan untuk badan helikopter sendiri juga semakin membaik desainnya. desain bagian depan dan kemudi helikopter saat ini menjadi lebih lonjong seperti kapsul hal ini bertujuan untuk mempermudah lewatnya arus angin yang berlawanan dengan arah helikopter.

7. Helikopter Terbaru

sketsa helikopter

Helikopter terbaru hanya memiliki baling-baling terbuka di bagian atap badan helikopter saja, baling-baling ini berfungsi sebagai pengganti sayap pesawat yaitu untuk menggerakkan helikopter naik vertikal.

Sedangkan untuk ekor bagian belakang sudah didesain menyatu dengan ekor helikopter yang tentu saja disesuaikan dengan fungsi baling-baling bagian ekor yakni sebagai pembantu manuver helikopter.

8. Helikopter Kecil

Helikopter memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Jika helikopter TNI dan Kepolisian cenderung berukuran besar dengan beragam isian yang menunjang kebutuhan patroli atau insiden lainnya.

Berbeda dengan helikopter penumpang dengan rute dekat. Maka helikopter jenis ini akan cenderung lebih kecil dan minim item-item lain di badan helikopter. Karena memang helikopter kecil ini dikhususkan untuk mengantar ke lokasi tertentu.

9. Gambar Helikopter Mudah

Untuk menggambar helikopter tentu saja tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kita hanya perlu mengingat beberapa bagian-bagian penting yang membentuk sebuah helikopter.

Adapun beberapa barang penting yang harus ada dalam sebuah helikopter yakni, cockpit, badan helikopter dan ruang kemudi, ekor helikopter, baling-baling atap dan ekor, serta landing skids.

10. Sketsa Helikopter Kartun

Helikopter merupakan salah satu jenis alat transportasi jalur udara yang banyak diminati anak-anak. Tak ayal, banyak kita jumpai berbagai macam sketsa helikopter dalam barang-barang anak-anak.

Seperti hal nya helikopter kartun pada gambar diatas yang pasti sering ditemui dalam animasi-animasi transportasi. Bentuk gambarnya dibuat sederhana agar mudah diingat anak-anak dan menarik untuk dipandang.

11. Sketsa Helikopter

Berbeda jika sketsa ditujukan kepada orang dewasa, maka sketsa akan dibuat detail semirip mungkin. Hal ini bertujuan untuk merepresentasikan wujud sebenarnya dari helikopter itu sendiri.

Tiap bagian pada helikopter ini memiliki kegunaannya masing-masing Seperti alih-lih menggunakan roda, bagian bawah helikopter terdapat landing skids yang berfungsi sebagai penopang helikopter ketika mendarat agar stabil.

12. Klasik

Helikopter klasik dapat dimasukkan dalam golongan helikopter tipe lawas. Hal ini dapat diidentifikasi dari wujud badan helikopter yang memiliki desain lawas.

Namun meskipun tergolong lawas helikopter jenis ini bukan berarti tak bermakna lagi, penting bagi kita untuk tetap mengenal perkembangan desain dan bentuk helikopter dari masa ke masa sebagai sumber ilmu bagi diri kita sendiri.

13. Sketsa Helikopter Tempur

Desain dan wujud helikopter tempur lebih rumit dari jenis lainnya dikarenakan fungsinya yang juga dituntut untuk serbaguna dalam tiap misi penting militer yang membutuhkan peran helikopter dalam menyelesaikan tugas nya.

Helikopter tempur memiliki beberapa kelebihan dari pada jenis helikopter lain untuk menunjang misinya, seperti kecepatan di atas rata-rata helikopter dan durasi rentang penerbangan yang lebih lama.

Dari beberapa contoh gambar sketsa helikopter tersebut semoga kalian sudah bisa mendapatkan ide terbaik untuk menggambar dan mewarnai ya! Kalian pasti bisa membuatnya, karena rata-rata bentuknya simple.

Leave a Comment