Home » Edukasi » Gambar » 10 Contoh Sketsa Hiu Keren dan Mudah

10 Contoh Sketsa Hiu Keren dan Mudah

Apakah kalian sedang mencari contoh gambar ikan berukuran besar? Kumpulan sketsa hiu berikut ini bisa menjadi salah satu inspirasi.

Bagi sebagian orang mungkin memiliki pandangan bahwa ikan paus dan hiu adalah sama. Karena sama sama berukuran besar dan sekilas tampak mirip.

Itu tidak benar. Hiu dan paus adalah jenis ikan yang berbeda dan memiliki ciri serta karakter tersendiri jika benar benar diamati.

Sketsa Hiu

1. Sketsa Mewarnai Ikan Hiu

Ikan hiu tidak semenyeramkan itu jika digambar dalam versi kartun. Jenis ikan laut berukuran besar ini nampak lucu dengan gigi taring yang tidak terlalu tajam.

Seluruh tubuhnya didominasi warna biru tua dengan campuran biru muda pada tubuh bagian bawah. Namun, untuk mewarnai hiu, kalian bisa menggunakan warna apapun kok.

2. Sketsa Hiu Keren

Jika dibandingkan dengan ikan-ikan dan makhluk laut lain, hiu memang terlihat keren lantaran tubuhnya yang besar dan tampilan mendominasi. Contohnya pada sketsa berikut.

Terlihat ikan hiu hampir memenuhi frame gambar. Bahkan porsi ikan-ikan kecil dan tumbuhan laut pun terlihat sangat kecil.

3. Sketsa Hiu Megalodon

Megalodon bisa diartikan gigi besar. Spesies hiu megalodon sebenarnya saat ini sudah punah. Ia diperkirakan hidup sekitar 22 juta tahun lalu. Habitatnya di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Dari segi penampilan terlihat sangat menyeramkan, mungkin karena giginya yang besar dan ukuran tubuhnya yang panjang. Kalau melihat di lautan langsung pasti akan lebih seram.

4. Sketsa Hiu Mudah

Cukup tertarik menggambar ikan hiu? Kalian mungkin bisa mulai mencontoh gambar dua ekor hiu berikut. Sketsa yang disajikan cukup mudah diikuti.

Perbedaan arah hadap hiu bisa menjadi tantangan tersendiri dalam menggambar. Mungkin saja menggambar dengan posisi kepala di kanan akan lebih sulit.

5. Sketsa Gambar Ikan Hiu

Kalau dilihat dari ukuran tubuhnya, kira-kira jenis makanan apa yang dimakan ikan hiu? Meskipun sebagian orang mengira bahwa ikan ini memangsa manusia, tapi pernyataan itu adalah salah.

Sebagai predator buas, ia sebenarnya memangsa ikan yang berukuran lebih kecil. Misalnya seperti moluska bahkan plankton.

6. Hiu Raksasa

Ukuran tubuh yang besar sudah membuktikan hiu layak disebut hewan raksasa. Tidak hanya hewan laut berukuran kecil saja yang takut, manusia bertemu hiu pun akan takut.

Gambarannya akan seperti sketsa berikut. Ekspresi ikan-ikan kecil di bawah laut memperlihatkan mereka takut dengan ikan hiu, apalagi saat hiu mengeluarkan giginya yang tajam.

7. Lucu

Hiu berenang dari satu lautan ke lautan lainnya. Habitatnya cenderung netral, bisa berada di lautan tropis dan subtropis.

Tidak selamanya saat melihat hiu berarti ia sedang mencari mangsa. Bisa saja hewan ini hanya sekadar berjalan-jalan mengelilingi lautan seperti pada gambar.

8. Animasi

Meskipun dianimasikan, tampilan gambar hiu masih terlihat buas. Gigi taringnya yang tajam nampak sangat menonjol membuat suasana semakin seram.

Jika ingin lebih asik, kalian bisa mencoba mengkreasikan sketsa tersebut dengan warna terang. Tujuannya agar gambar tidak terlihat mencekam.

9. Gambar Sketsa Hewan Ikan Hiu

Bentuk ikan hiu tidak jauh berbeda dengan ikan berukuran besar lainnya seperti paus dan lumba-lumba. Ia memiliki dua buah sirip di kanan kiri untuk mengayuh saat berenang.

Ekornya juga menjadi alat penggerak. Dengan alat pergerakan dan ukuran tubuh yang besar, pasti hiu bisa berenang lebih jauh dalam waktu cepat.

10. Mewarnai Hiu Hitam Putih

Menggambar dan mewarnai ikan hiu sekarang sangat mudah. Apalagi sudah tersedia banyak pilihan gambar yang bisa dicontoh.

Menggambar lebih mudah jika dimulai dari bagian kepala hingga ujung ekor. Kemudian tinggal ditambah siripnya. Lebih mudah lagi jika langsung mewarnai sketsa yang sudah ada.

Itu dia pilihan sketsa ikan hiu yang bisa dijadikan contoh menggambar ataupun mewarnai. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment