Home » Edukasi » Gambar » 13+ Contoh Sketsa Kapal Beragam Jenis yang Mudah

13+ Contoh Sketsa Kapal Beragam Jenis yang Mudah

Berikut adalah kumpulan gambar sketsa kapal laut yang mudah untuk kalian tirukan. Gambar ini bisa menjadi inspirasi saat menggambar ataupun mewarnai.

Kapal laut adalah jenis kendaraan yang digunakan pada perairan. Dimana jenis, bentuk dan fungsinya pun sangat beragam.

Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai kendaraan umum, untuk berlayar mencari ikan, mengangkut barang dan katifitas lainnya.

Sketsa Kapal Laut

1. Sketsa Kapal Bajak Laut

sketsa kapal

Siapa yang tak tahu dengan jenis kapal ini yang selalu berseliweran di kartun maupun animasi anak-anak. Jika kamu menyukai kartun SpongeBob SquarePants tentu saja akan mengenali gambar ini sebagai kapal bajak laut milik flying dutchman.

Atau kamu juga akan familiar dengan jenis kapal ini dalam serial animasi one piece. Kapal Bajak Laut memiliki bentuk yang besar dengan banyak bendera sebagai identitas kapal tersebut.

Kapal jenis ini juga masih bergerak memanfaatkan arah angin yang diarahkan dengan layar.

2. Sketsa Kapal Perang

Kapal besar yang juga terlihat gagah di samudera adalah jenis kapal perang. Karena peperangan dapat terjadi dimanapun, maka militer juga menyiapkan kapal perang untuk mengantisipasi perpecahan di wilayah lautan.

Kapal perang memiliki bentuk yang besar dengan persenjataan peperangan yang lengkap. Kapal perang memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya mulai dari kapang angkut untuk membawa militer juga ada kapal serang yang berfungsi untuk menghadapi lawan.

3. Sketsa Kapal Titanic

sketsa kapal

Sedangkan jenis kapal besar yang memiliki bentuk mewah nan berkelas lainnya adalah kapal pesiar. Kapal pesiar terbesar di dunia yang pernah berlayar adalah kapal Titanic.

Ia pertama kali berlayar pada tahun 1912. Kapal Titanic menjadi sangat terkenal karena menjadi yang terbesar di dunia pada masanya. Namun sayangnya kapal ini tenggelam pada pelayaran perdananya karena menabrak gunung es.

Kisah kapal titanic yang tragis ini kemudian diabadikan dalam film yang berjudul sama.

4. Kapal Penumpang

sketsa kapal

Setiap jenis kapal memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Kapal yang berfungsi untuk mengantar penumpang ke lokasi tujuannya melalui perjalanan samudera ini disebut dengan kapal penumpang.

Berbanding dengan kapal besar lainnya kapal penumpang ini relatif kecil atau tergantung rute pelayaran yang akan dilewati.

Semakin jauh rute yang dilewati semakin besar ukuran kapal penumpang. Hal ini bertujuan untuk menjaga efektifitas perjalanan.

5. Sketsa Kapal Perang

sketsa kapal

Begitu juga dengan kapal perang. Bentuk dan ukuran kapal perang juga menyesuaikan dengan fungsi mereka di medan perang. Apabila fungsinya sebagai kapal serang maka ia cenderung lebih kecil dengan berbagai senjata di badan kapalnya.

Seperti yang tergambar pada sketsa tersebut dimana kapal perang ini memiliki rudal dan alat tembak yang mampu bermanuver dengan lincah.

Kumpulan sketsa lainnya!

6. Kapal Cargo

sketsa kapal

Jenis kapal besar lainnya yang memiliki ukuran besar karena fungsinya yakni mengantarkan barang-barang yang tidak bisa didistribusikan melalui jalur udara ataupun darat sehingga perlu didistribusikan melalui transportasi jalur laut. Jenis kapal ini disebut kapal cargo.

Kapal cargo memiliki ukuran yang paling besar karena memang harus membawa barang dengan jumlah yang banyak dan ukuran yang beragam. Kapal kargo ini biasanya menjadi primadona perusahaan besar untuk mengangkut produk mereka dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.

7. Perahu Layar

sketsa kapal

Alat transportasi jalur laut di masa kini sudah sangat canggih karena untuk menggerakkannya sudah dapat memanfaatkan berbagai jenis bahan bakar seperti solar atau batu bara. Sehingga durasi perjalanan dapat dipastikan. 

Sebelumnya kapal atau perahu menggunakan tenaga manusia dan memanfaatkan arah angin melalui layar yang dibentangkan untuk menggerakkan mereka. oleh karena itu pada zaman dahulu waktu pelayaran terhitung sangat lama dan tak menentu.

8. Kapal Sederhana

sketsa kapal

Selain kapal-kapal besar yang berlayar di lautan lepas, terdapat pula kapal-kapal kecil di yang beroperasi di pantai-pantai atau sampai garis laut. Kapal-kapal sederhana ini biasanya milik para nelayan.

Nelayan mengoperasian kapal mereka untuk pergi ke laut setiap malam dan kembali ke darat ketika fajar untuk mencari ikan ataupun fauna laut lainnya. Kapal sederhana biasanya menggunakan layar atau diesel kecil untuk menggerakkan perahu mereka.

9. Sketsa Kapal Bajak Laut Kartun

Meskipun acapkali dianggap sebagai kapal berhantu dan misterius namun konsep ini tidak kan kamu temui ketika melihat kapal bajak laut dalam kartun maupun animasi.

Pada beberapa animasi kapal bajak laut dibuat menggemaskan lengkap dengan bajak laut yang tinggal di kapal tersebut dengan aksesoris penutup mata, bendera bajak laut yang menempel di tubuh mereka.

10. Kapal Selam Canggih

Berkembangnya teknologi semakin menambah kecanggihan alat transportasi laut saat ini. Dewasa ini kamu bisa menemui kapal selam canggih yang dapat menyelam ke dasar laut.

Kapal selam ini awalnya digunakan untuk tujuan ataupun kepentingan militer. Namun saat ini kapal jenis ini juga digunakan untuk memudahkan urusan perkembangan teknologi seperti pemasangan kabel listrik dibawah permukaan laut atau sekedar untuk wisatawan.

11. Perahu Simple

Semakin canggih sebuah kapal bentuknya akan semakin unik dan berbeda dari bentuk dasar kapal pada umumnya. Sebelumnya kapal hanya berupa sampan yang terbuat dari kayu sederhana dengan beberapa layar yang dibentangkan untuk mempermudah gerakan perahu.

Karena bahan dasar yang beragam serta fungsi yang saat ini semakin banyak maka kapal dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan menarik dan berfungsi dengan baik.

12. Sketsa Kapal Perang

Seperti kapal perang yang memiliki banyak sekali furniture untuk mendukung kebutuhan militer ketika berperang. Mulai dari peswat perang, pistor tempur, atau senjtaa jenis lainnya.

Pesawat ini akan mudah ditemui di perbatasan laut negara dimana berfungsi untuk menjaga batas laut negara dari perompak atau sekedar melakukan patroli dari aktivitas ilegal di lautan.

13. Gambar Kapal Selam

Jika bagian permukaan kapal pada umumnya terbuka, berbeda dengan kapal selam yang bagian permukaannya tertutup dengan atap. Kapal selam memiliki bentuk seperti kapsul dengan cerobong di atap dan baling-baling di ekornya.

Kapal selam mampu menyusuri dasar laut dengan tenang tanpa menimbulkan gelombang ataupun suara apapun yang mengganggu untuk menjaga ketenangan biota laut. ia akan naik ke permukaan dan terapung ketika bahan bakar sudah habis.

14. Sketsa Kapal Pesiar

sketsa kapal

Sedangkan bentuk kapal pesiar terkesan mewah dengan badan kapal bertingkat serta furniture yang penuh dengan kaca yang mengkilap. Kapal pesiar sendiri dilengkapi berbagai fasilitas pelayanan untuk kenyamanan para penumpang.

Karena biayanya yang tak murah, kapal pesiar biasanya digunakan oleh orang-orang kaya atau milyarder untuk berwisata atau sekedar untuk menikmati suasana di tengah laut.

Sebenarnya ada banyak gambar sketsa kapal laut beragam bentuk lainnya yang bisa dijadikan contoh. Namun, admin sudah memilihnya sesuai yang populer dan umum dijumpai. Semoga membantu!

Leave a Comment