Home » Edukasi » Gambar » 11 Gambar Sketsa Kupu Kupu Simple dan Mudah

11 Gambar Sketsa Kupu Kupu Simple dan Mudah

Berikut adalah kumpulan sketsa kupu kupu sederhana yang mudah ditirukan. Selain sketsa htam putih, terdapat juga gambar kupu kupu berwrana.

Kupu-kupu adalah jenis hewan yang memiliki bentuk dan warna indah. Sehingga tidak mengherankan jika menjadi salah satu objek dalam membuat karya seni.

Saat diaplikasikan dalam sebuah karya, hewan ini tidak terlalu sulit untuk ditirukan. Bahkan hanya dengan beberapa goresan saja sudah bisa membuatnya.

Sketsa Kupu Kupu

1. Sketsa Kupu Kupu Berwarna

sketsa kupu kupu berwarna

Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera. Hewan mungil ini memiliki sayap yang indah. Sayap kupu-kupu memiliki variasi warna yang beragam, mulai dari warna cerah sampai gelap.

Karena keindahannya, banyak orang yang menyukai kupu-kupu. Ada banyak cara mengabadikan keindahannya, salah satunya dengan menggambar kupu-kupu dan mewarnainya dengan warna-warna kesukaan.

2. Gambar Kupu Kupu Simple

Untuk dapat melihat indahnya kupu-kupu, tidak selalu harus di pagi hari. Karena terdapat dua jenis kupu-kupu, yakni kupu-kupu diurnal yang aktif pada siang hari dan nocturnal yang aktif di malam hari.

Kupu-kupu yang aktif pada siang hari cenderung memiliki warna sayap cerah dan cemerlang. Gambar berikut ini menunjukan kupu-kupu diurnal. Sebab kupu-kupu ini terlihat memiliki sayap berwarna terang seperti merah, kuning, dan biru.

3. Gambar Kupu Kupu Berwarna

Terdapat banyak sekali jenis kupu-kupu yang dapat ditemukan. Jika melihat Pulau Jawa dan Pulau Bali, jumlah spesies kupu-kupu yang ditemukan adalah sekitar 600 spesies. Masing-masing spesies memiliki bentuk dan warna berbeda.

Gambar kupu-kupu ini mewakili berbagai spesies kupu-kupu yang ada. Mulai dari yang bentuk sayapnya lancip sampai yang membulat. Dari yang warnanya cerah sampai yang agak gelap. Variasinya membuat keindahannya semakin muncul.

4. Sketsa Kupu Kupu Simple

sketsa kupu kupu

Karena banyaknya jenis spesies dan variasi warna yang indah, maka untuk menggambar kupu-kupu tidak akan kehilangan inspirasi. Kalian dapat memilih warna-warna indah menarik untuk mewarnai.

Biasanya, dalam sepasang sayap kupu-kupu terdapat sekitar 2-3 palet warna yang senada. Oleh sebab itu, untuk mewarnai sketsa kupu-kupu berikut, kalian bisa memilih beberapa warna kesukaan untuk diterapkan di sketsa.

5. Sketsa Kupu Kupu dari Samping

sketsa kupu kupu

Keindahan kupu-kupu tidak hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. Namun, dari berbagai sisi ia akan tetap terlihat indah. Salah satu cara untuk menggambarkan keindahannya adalah dengan mengambil sisi samping dari kupu-kupu.

Sketsa berikut ini memiliki karakter lucu seperti kartun. Sehingga untuk mewarnainya, bisa memilih warna-warna yang soft atau dapat juga dengan warna yang cerah. Kebanyakan kupu-kupu kartun adalah jenis kupu-kupu diurnal.

Kumpulan sketsa lainnya!

6. Sketsa Kupu Kupu Hitam Putih

sketsa kupu kupu

Kupu-kupu dikenal sebagai salah satu jenis serangga penyerbuk tanaman. Ia dapat membantu penyerbukkan bunga untuk dapat berkembang menjadi buah. Sehingga peran kupu-kupu sangat berguna bagi manusia, terutama para petani.

Sketsa berikut menunjukkan aktivitas kupu-kupu di sekitar tanaman bunga. Kupu-kupu terlihat sibuk sedang membantu proses penyerbukan. Kalian dapat memberi warna pada kupu-kupu sekaligus tanaman bunganya.

7. Menggambar Kupu Kupu

sketsa kupu kupu

Meski indah, kupu-kupu merupakan salah satu serangga yang diyakini memiliki umur sangat singkat. Usia paling lama kupu-kupu dewasa hanya sekitar satu tahun saja. Untuk itu, sudah banyak beberapa spesies kupu-kupu yang punah.

Sketsa kupu-kupu berikut ini merupakan salah satu potret dari kupu-kupu yang hampir sulit ditemui. Sayapnya yang lebar dan memiliki corak yang indah hanya dapat ditemukan di  beberapa tempat tertentu.

8. Simple dan Mudah

Meskipun corak pada kupu-kupu terlihat sangat rumit dan bervariasi. Namun jka ingin menggambarnya, kalian dapat mencontoh corak-corak sederhana dari beberapa spesies kupu-kupu yang ada.

Corak yang sederhana pada sketsa dapat memudahkan saat mewarnai setiap pola pada sayap kupu-kupu. Gambar kupu-kupu akan semakin indah bila diberikan pewarnaan yang senada, sehingga terlihat lebih natural.

9. Hitam Putih

Gambar kupu-kupu yang natural akan lebih mendekati bentuk asli dari kupu-kupu itu sendiri. Baik dari segi bentuk, corak, maupun warna. Dengan berbagai ukuran sayap  yang dimiliki kupu-kupu, tidak membuat bosan menggambarnya.

Salah satu corak kupu-kupu yang banyak ditemui adalah corak seperti ruas-ruas jaring. Corak ini banyak ditemui pada kupu-kupu yang hidup di daerah tropis. Biasanya kupu-kupu dengan corak ini memiliki warna kuning sampai kecokelatan.

10. Berbentuk Unik

Banyaknya spesies kupu-kupu membuatnya ada yang berbentuk natural dan adapula yang berbentuk unik. Kupu-kupu dengan bentuk sayap yang unik agak jarang ditemui, karena jumlah spesiesnya tidak sebanyak kupu-kupu pada umumnya.

Bentuknya yang unik ini biasanya diadopsi ke dalam beberapa cerita kartun dan peri. Banyak peri di film kartun yang memiliki bentuk sayap unik. Ini menjadi daya tarik tersendiri kepada para penggemar kupu-kupu.

11. Sketsa Gambar Kupu Kupu Terbaik

Kupu-kupu merupakan salah satu serangga yang tidak membahayakan manusia. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang menyukai hewan kecil ini. Bahkan, ada yang membuat peternakan kupu-kupu untuk menjaganya agar tidak punah.

Setiap orang memiliki preferensi tersendiri dalam menentukkan jenis kupu-kupu terbaik. Biasanya yang menjadi bahan pertimbangan adalah bentuk, corak, dan warnanya. Sketsa gambar di bawah ini adalah salah satu contoh kupu-kupu terbaik.

Leave a Comment