suku suku di pulau bali

Mengenal Suku-suku di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Setiap provinsi yang ada di Indonesia pasti terdapat berbagai macam suku dengan ciri khasnya masing – masing. Seperti halnya suku – suku di Pulau Bali dan Nusa Tenggara yang sangat beragam dan masih terjaga adat istiadatnya. Suku suku tersebut tersebar di berbagai wilayah yang ada di pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Pulau Bali dikenal dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan, karena kekayaan alamnya banyak sebutan untuk pulau ini, misalnya Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Pulau Bali sendiri bearada di sebelah Timur Pulau Jawa. Sedangkan Pulau Nusa Tenggara juga tak kalah menarik, di provinsi ini juga kaya akan keberagaman budaya yang masih terjaga dengan bermacam ciri khasnya masing – masing.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur masuk dalam Provinsi Sunda Kecil. Ibu kotanya Singaraja, namun setelah adanya UU tentang pembentukan daerah Swatantra Tingkat I, pulau yang ada di Sunda Kecil terpisah menjadi 3 bagian yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur.

Mengenal Pulau Bali dan Pulau Nusa Tenggara

Bali merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Letaknya ada di antara Pulau Jawa dan Lombok, dengan ibu kota Denpasar yang ada pada sisi Selatan. Provinsi ini juga mempunyai empat danau yang berada dekat dengan daerah pegunungan, yaitu Tamblingan, Danau Batur dan Buyan.

Sedangkan Kepulauan Nusa Tenggara atau biasa disebut Kepulauan Sunda Kecil ini, menyimpan banyak ragam budaya yaitu, suku bangsa, tradisi, bahasa dan masih banyak lagi.

Sebenarnya secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Indonesia kecuali bagian Timur (Pulau Timor) adalah wilayah Timor Leste. Dengan letak geografis seperti ini, membuat suku – suku di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sangat beranekaragam.

Nama Suku – suku di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Sebenarnya suku suku di pulau Bali dan Nusa Tenggara sangat banya dan beragam. Berikut ini merupakan daftar suku – suku tersebut yang sangat populer di daerahnya masing – masing dan masih terjaga kuat ciri dan tradisinya.

1. Suku Bali

suku suku di pulau bali dan nusa tenggara
netralnews.com

Suku ini disebut juga Anak Bali, Wong Bali ataupun Krama Bali. Suku Bali mempunyai subsuku yang dimana penduduknya merupakan orang asli Bali. Dinamakan dengan Suku Bali Aga yang memiliki arti (Bali pegunungan, yang mana sejumlah sukunya ada di Desa Trunyan) dan Suku Bali Majapahit.

Suku Bali Aga biasanya tinggal di gunung dan Desa Trunyan, lokasi tersebut merupakan tempat mereka untuk melestarikan ajaran leluhur yang sudah diwariskan. Sedangkan Bali Majapahit adalah orang dari Kerajaan Majapahit yang memilih untuk hidup di Bali. Untuk Agama mayoritas yaitu Hindu.

2. Suku Loloan

suku suku di pulau bali dan nusa tenggara
moslemlifestyle.com

Suku Loloan ini tinggal di daerah Kabupaten Jembana Bali dan penduduknya berdiam di desa Pengembangan, Cupel Tukadaya, Tegal Badeng Islam, Banyubiru, Candi Kusuma, Tuwed dan masih banyak lagi lainnya. Mayoritas agama dari suku ini adalah Islam.

Suku ini biasanya dikenal dengan sebutan Suku Melayu Bali atau Melayu Loloan. Rumah adatnya berupa rumah panggung. Loloan juga mengenakan “Awik” sebuah kain kecil sebagai penutup kepala dan juga badan, ini sudah menjadi tradisi yang ada di komunitas guyup Melayu Bugis Loloan.

3. Suku Nyama Selam

suku suku di pulau bali dan nusa tenggara
dakwahmuslimbali.com

Nyama Selam merupakan sebutan bagi umat muslim yang telah mencampurkan budaya Bali dalam keseharian mereka. Arti dari nama “Nyama” adalah saudara sedangkan “Selam” berarti Islam. Jadi, penduduknya beragama Islam yang menetap di Bali.

Ada beberapa kebudayaan lokal yang diambil oleh Nyama Selam, dapat ditemukan di Desa Pagayaman. Penduduknya pun biasa memakai nama seperti Nyoman dan Ketut namun dipadu nuansa Islami. Adapula Tari Rudot, yang merupakan campuran dari nuansa Bali dan Timur Tengah.

4. Suku Sasak

suku suku di pulau bali
goodnewsfromindonesia.id

Suku Sasak adalah salah satu dari nama suku bangsa Nusa Tenggara Barat yang tinggal di daerah Lombok. Penduduknya menganut agama secara silih berganti, yang awalnya mereka menyembah roh, kedua menganut Hindu, yang terakhir orang – orangnya mengikuti agama Islam.

Kata dari Sasak berawal dari “Sak Sak” yang artinya satu satu. Mereka dikenal pintar menenun, dalam bahasa Lombok artinya Sesek (sesak). Uniknya, wanita boleh menikah bila orang tersebut dapat menenun. Untuk senjatanya bernama Klewang, pakaian wanita (Lambung) pria (Pegon).

Baca Juga:

5. Suku Alor

suku alor
jawa.be

Suku ini tinggal di daratan Pulau Alor, Pantar dan beberapa pulau kecil lainnya. Daerah yang ditempati mereka sekarang masuk ke dalam suku di Pulau Nusa Tenggara Timur di bagian wilayah Kabupaten Alor.

Suku ini juga memiliki banyak sekali ragam bahasa serta dialek yaitu, Deing, Belagar, Denebang, Mauta, Lemma, Abui, Alor, Kabola dan masih banyak lagi. Ciri fisik yang dimiliki suku ini adalah rambutnya keriting, berkulit hitam, bahunya agak lebar, tubuh yang relatif pendek. Mata pencahariannya bertani.

6. Suku Donggo

suku suku di pulau nusa tenggara

Suku Donggo tinggal di sebagian wilayah Kabupaten Dompu dan juga Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Para penduduk Donggo ini menggunakan bahasa yang dinamakan “Mbojo”. Mata pencaharian masyarakatnya adalah bertani di ladang memakai sistem tebas bakar (Ngoho).

Selain bertani mereka juga berburu yang biasanya dilakukan seminggu atau sebulan sekali. Mayoritas agamanya memeluk Islam dan sebagian Kristen. Orang di Donggo juga mempercayai hal gaib seperti, Dewa Langit (Dewa Langi), Dewa Air (Dewa Oi), dan juga Dewa Angin (Dewa Wango).

7. Suku Dompu

suku dompu
gotripina.com

Menjawab dari pertanyaan “sebutkan suku bangsa yang ada di Nusa Tenggara”, Suku Dompu merupakan jawaban yang tepat. Mereka tinggal di Pulau Sumbawa wilayah Kabupaten  Dompu yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan tersebar ke 4 kecamatan, Huu, Dompu, Kempo dan Kilo.

Sebagian besar penduduk yang ada di Suku Dompu bermata pencaharian sebagai petani, menanam tanaman pangan, berkebun, dan juga nelayan. Namun yang lainnya ada yang menjadi pedagang, pegawai dan beternak. Agama yang dianut mayoritas Islam, sisanya Katolik, Kristen, Hindu, Budha

8. Suku Sumbawa

suku sumbawa
berbol.co.id

Suku Sumbawa atau yang biasa dikenal dengan Samawa tinggal di wilayah Barat dan Tengah Pulau Sumbawa yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bahasa yang digunakan adalah Semawa dengan beberapa dialeknya seperti Semawa, Taliwang, Baturotok, Batulante, dan masih banyak lagi.

Penduduknya bermata pencaharian dengan bercocok tanam di ladang maupun di sawah, berburu, menangkap ikan, hingga meramu hasil hutan. Agama yang dianut oleh Suku Sumbawa adalah Islam, namun sebagian masih percaya bahwa penyakit ada karena makhluk halus dan diobati oleh sanro.

9. Suku Bima

suku bima
lontar.id

Suku Bima tinggal di dataran rendah wilayah Kabupaten Bima, Sangiang dan Donggo yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dikenal dengan sebutan “Dou Mbojo”. Bahasa yang digunakan termasuk Melayu Polynesia, dengan dialeknya yaitu, Bima, Bima Donggo dan juga Sangiang.

Mata pencaharian Suku Bima adalah bertani dan luar biasanya sempat menjadi segitiga emas pertanian bersamaan dengan Makassar dan juga Ternate di zaman Kesultanan. Mayoritas agamanya adalah Islam dan sebagian masih mempercayai dan memuja roh nenek moyang.

10. Suku Manggarai

suku di nusa tenggara
pandarnesw.com

Suku Manggarai tinggal di bagian Barat Pulau Flores yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tersebar ke tiga kabupaten yaitu, Manggarai Barat dan Timur, serta  Kabupaten Manggarai. Mempunyai banyak suku kecil (sub suku) dan juga klan.

Mayoritas penduduk Suku Manggarai memeluk agama besar seperti di Kedaluan Timur (Katolik), dan untuk Utara, Barat, Selatan menganut (Islam). Suku ini juga terkenal dengan ritualnya yaitu, Penti Manggarai, Barong Lodok, Barong Wae dan lain – lain. Olahraganya disebut “Caci”

Setelah selesai membaca beberapa penjelasan singkat mengenai suku – suku Pulau Bali dan Nusa Tenggara, tentu semakin bangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki negara tercinta. Selain sumber daya alamnya yang melimpah, ternyata budaya yang dimiliki Indonesia juga sangat beragam dengan ciri khasnya masing – masing.

Leave a Comment

error: Content is protected !!