Home » Edukasi » RPUL » Suku-suku di Pulau Kalimantan dan Penjelasannya

Suku-suku di Pulau Kalimantan dan Penjelasannya

Pernah dengar dengan Suku Dayak? Nah, itu adalah salah satu nama suku-suku di Pulau Kalimantan. Selain Suku Dayak, masih ada beberapa nama lain yang menarik untuk diketahui.

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia selain Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, dan Papua. Kalimantan dikenal dengan kekayaan alam yang luar biasa.

Pulau ini menyimpan sumber daya alam yang melimpah dan bernilai tinggi seperti batu bara, minyak, emas, karet, kelapa sawit dan masih banyak lainnya.

Suku-suku di Pulau Kalimantan

1. Suku Dayak

suku suku di kalimantan
superadventure.co.id

Suku Dayak merupakan sebuah suku yang tinggal di pedalaman Kalimantan. Umumnya sebutan untuk “Orang Dayak” adalah orang pedalaman yang artinya mereka hidup jauh dari kota.

Adat istiadatnya pun terlihat dari bagaimana cara berpakaian, bagaimana menjalani kehidupan, hingga ritual/upacara yang yang masih dijaga dan dilestarikan.

Pakaian adat suku Dayak terbagi menjadi dua yaitu sapei sadaq (laki-laki) dan ta’a (wanita), perbedaan tersebut bisadilihat dari atasan bajunya saja yang disebut sapei inoq dan bawahan rok.

Untuk rumah adatnya dinamakan Betang/Panjang, sedangkan ritualnya disebut Tiwah yang merupakan upacara sakral.

2. Suku Kutai

suku suku di kalimantan
bisniswisata.co.id

Banyak yang mengatakan bahwa Kutai merupakan bagian dari rumpun Dayak yang berasal dari suku kalimantan timur. Mayoritas penduduknya beragama Islam dan tinggal dekat tepi sungai.

Suku Kutai hingga saat ini masih memiliki hubungan berupa kedekatan dengan Melayu dan Banjar.Ya, Suku kutai dilihat dari jenisnya masih termasuk Melayu. Adat istiadatnya pun hampir sama dengan Dayak.

Awalnya kutai bukan nama suku namun wilayah serta kerajaan yang merupakan tempat ditemukannya prasasti Yupa oleh seorang peneliti dari Belanda.

3. Suku Paser

suku suku di kalimantan
merdeka.com

Suku paser berasal dari tanah leluhurnya yaitu di sepanjang tenggara pulau Kalimantan. Sekarang ini paser terletak tepat di bagian selatan dari provinsi Kalimantan Timur.

Suku ini termasuk suku bangsa tertua, disebut dengan peradaban “Bansu Tatau Datai Danum” yang artinya orang hidup di pesisir pantai.

Suku paser juga merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Timur setelah Kutai. Mayoritas penduduk paser adalah memeluk agama Islam dan mereka telah mendirikan kerajaan Islam bernama Kesultanan Pasir di masa lalu.

4. Suku Bajau

suku di kalimantan
beritagar.id

Banyak orang bilang suku bajau sering disangkut pautkan dengan manusia laut, Mengapa begitu? Itu karena penduduknya tinggal di atas perahu kecil lalu berlayar saat siang dan malam.

Tujuannya hanya satu, yaitu mencari ikan sebagai mata pencaharian mereka sebagai nelayan.Suku Bajau terbagi di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Banyak hal unik mengenai suku ini seperti, dikenal sebagai suku yang tidak berkewarganegaraan, tidak tahu umur, tidak bisa baca dan menulis. Namun dibalik kekurangan itu mereka adalah penyelam yang handal.

Baca Juga: 

5. Suku Banjar

suku di kalimantan
mahligai.indonesia.com

Suku Banjar merupakan bagian dari Suku di Kalimantan Selatan dan Tengah.  Banjar juga berasal dari orang Melayu Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Ada pula orang dari Dayak yang masuk ke sini karena mereka memeluk agama Islam. Memiliki julukan “Urang Banjar” untuk orang Banjar.

Suku Banjar dibagi dalam dua dialek bahasa yaitu Banjar hulu dan kuala. Mereka juga memiliki rumah tradisional yang disebut Bahari.

Tariannya dinamakan “Baksa”. Ada pula upacara adat yang diberi nama “Baayun Mulud” artinya kegiatan adat mengayun bayi diiringi nyanyian shalawat Nabi.

6. Suku Melayu

suku di kalimantan
indhepedia.com

Suku Melayu merupakan kelompok yang berasal dari orang-orang Austronesia yang menghuni di beberapa bagian Semenanjung Malaya, bagian timur Sumatera, selatan Thailand dan lain-lain.

Serta merupakan salah satu yang masih memiliki kebudayaan kental serta selalu menjadi daya tarik. Berkat luas cakupan wilayahnya menjadikan suku ini tersebar di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand.

Bahkan, masih bertahan hingga saat ini, salah satunya adalah bahasanya yang terbagi menjadi 45 dan ratusan dialek, adat istiadatnya, agamanya yang Islam dan juga kesenian.

7. Suku Berau

suku suku di pulau kalimantan
pesona.travel.com

Ulasan suku suku di Kalimantan berikutnya yaitu Melayu Berau berasal dari utara Kalimantan Timur. Mata pencaharian Berau adalah menjadi tani dan nelayan.

Sedangkan yang tinggal di daerah lain beda lagi, bahkan mereka ada yang bekerja sebagai pegawai, buruh atau bahkan tukang.

Di dalam daerah berau terdapat lima suku Dayak yang dikenal dengan nama Segayi, Punan, Kenyah, Labbu dan Bassap.

Bahasa yang digunakan merupakan salah satu dialek dari Melayu lokal yang biasa disebut dengan Melayu Berau. Untuk filosofi hidupnya berpegang teguh pada Pancasila.

8. Suku Tidung

suku suku di pulau kalimantan
fokusborneo.com

Berasal dari bagian utara Kalimantan Timur sama seperti Berau, merupakan anak negeri dari Sabah yang artinya adalah suku bangsa berasal dari Indonesia dan juga Malaysia.

Mempunyai kerajaan yang dinamakan Tidung namun telah punah karena politik adu domba yang dilkukan pihak Belanda.

Bahasa yang digunakan oleh Suku ini adalah dialek Tarakan. Mereka kebanyakan mendiami di beberapa kawasan pantai dan juga pulau, ada juga di tepian sungai.

Untuk mayoritas agamanya adalah Islam dan Tidung merupakan penduduk yang selalu menutup diri dari dunia luar.

9. Suku Jawa

suku suku di pulau kalimantan
myimage.id

Meskipun bukan dari Pulau Kalimantan, namun banyak masyarakat Jawa yang transmigrasi ke Kalimantan. Sehingga, bisa dikatakan bahwa Suku Jawa termasuk suku yang ada di pulau tersebut.

Banyak dari masyarakat Suku Jawa yang mudah dijumpai di Pulau Kalimantan, baik bagian Barat, Timur, Selatan dan Utara. Mereka hampir ada di setiap daerah tersebut.

Suku Jawa dikenal dengan karakter orangnya yang menjunjung tinggi sopan santut, tata krama dan sikapnya yang lemah lembut. Hal ini bukanlah sekedar cerita.

Suku Jawa yang tinggal di Pulau Kalimantan memiliki mata pencaharian yang beragam. Bertani, berkebun dan berdagang seperti makanan atau usaha lainnya.

Itulah ulasan tentang suku-suku di Pulau Kalimantan yang beragam. Sebagai warna negara Indonesia, sudah sepatutnya berbangga hati dengan kekayaan ragam budaya ini.

Referensi

  • Pram (2013). Suku Bangsa Dunia dan Kebudayaannya. Jakarta: Cerdas Interaktif
  • Wikipedia.org. Kalimantan. Diakses pada 10 Januari 2020, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kalimantan

Leave a Comment