Mengenal Keragaman Suku-suku di Pulau Sulawesi

Memiliki enam provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Barat, Utara, Tengah, Tenggara dan juga Gorontalo, tidak mengherankan jika suku – suku di Pulau Sulawesi begitu beragam dan masih terjaga tradisinya yang kuat. Selain bahasa daerah, beberapa ciri khas seperti rumah adat, makanan dan pakaian adat Sulawesi masih sangat kental dan cukup terkenal di seantero nusantara, dalam urusan kuliner coto Makassar misalnya.

Sulawesi sendiri merupakan nama pulau yang ada di Indonesia tepatnya berada di tengah kepulauan Maluku dan juga Kalimantan. Merupakan kepulauan terbesar nomor sebelas di dunia, sedangkan luasnya menduduki nomor empat setelah Papua, Kalimantan dan juga Sumatera.

Jika ditelusuri asal muasalnya, nama Sulawesi berasal dari kata “sula” dan “besi”, jika digabungkan memiliki arti yang menjuru pada praktek perdagangan biji besi dari hasil tambang pada kawasan Danau Matano. Pulau ini dulunya memliki nama dengan sebutan “Celebes” pertama kalinya digunakan oleh bangsa Portugis.

Ulasan Singkat Pulau Sulawesi

Sulawesi dikenal dengan pulau yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Letaknya tepat di kawasan bagian Timur Indonesia. Banyak sekali tempat yang cocok untuk para traveler yang suka dengan wisata laut, seperti pulau Samalona, Liukang Loe, Kambing, Lembeng dan lain – lain.

Bukan hanya itu saja, Sulawesi memiliki kekayaan alam lain yang tak kalah luar biasa. Dikenal dengan hasil perkebunan dan juga pertanian yang cukup untuk menunjang kualitas hidup penduduknya. Bagian barat ada juga hasil alam yang melimpah ruah meliputi cengkeh, kakao, kelapa sawit dan juga kopi.

Dilihat dari penduduk lokalnya, yang merupakan orang asli dari Sulawesi adalah terdapat dari Bugis dan juga Makassar. Namun, terdapat pula suku – suku di Indonesia yang lain yang membuat keanekaragaman semakin ketara.

Nama Suku – suku di Pulau Sulawesi

Sulawesi masuk ke dalam salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar. Pulau ini juga memiliki daratan yang nampak bergunung – gunung dan juga dihuni oleh berbagai macam suku yang memiliki kebudayaan berbeda. Seperti:

1. Suku Bugis

suku suku di pulau sulawesi
wartatimur.com

Kelompok ini termasuk golongan asli dari suku yang mendiami daerah Sulawesi Selatan. tergolong ke dalam suku Melayu Deutro, Bugis berasal dari kata “ to ugi” yang artinya orang bugis. Uniknya dari Bugis ini adalah orang – orangnya yang sangat menjunjung tinggi akan harga diri dan juga martabat.

Suku Bugis memiliki beberapa adat meliputi upacara pernikahan yang biasa disebut Mappabotting, merupakan rumah yang unik karena bentuknya memanjang ke belakang dengan tambahan di bagian bangunan utama dan belakang, pakaiannya dinamakan baju Bodo, terdapat juga tari Paduppa Bosara.

2. Suku Makassar

suku suku di pulau sulawesi
infosulsel.com

Suku Makassar mendiami bagian Selatan Pulau Sulawesi dan merupakan salah satu dari 4 Suku Sulawesi terbesar selain Bugis, Toraja dan juga Mandar. Dikenal dengan jiwa penakluk, demokratis, suka merantau dan menjelajah lautan.

Makassar memiliki arti kata yang biasa disebut “Mangkasara” artinya “Mereka yang bersifat terbuka”. Mayoritas penduduknya beragama Islam. Rumah adatnya berbentuk seperti panggung dengan kayu sebagai penyangga. Dilihat dari sejarahnya, suku ini telah menguasai pulau sulawesi sejak abad ke 16.

3. Suku Mandar

suku suku di pulau sulawesi
pesona.travel

Suku Mandar berasal dari wilayah Sulawesi bagian Barat. Istilah dari Mandar memiliki arti yang merupakan ikatan persatuan antara tujuh kerajaan dari pesisir yang disebut Pitu Ba’ba’na binanga serta tujuh kerajaan dari gunung disebut Pitu Ulunna Salu.

Rumah Adat Sulawesi Barat ini biasa disebut dengan Boyang, untuk macam perayaan adatnya berupa Sayyang Pattu’du artinya kuda menari, Passandeq artinya mengarungi lautan dengan cadiq sandeq. Untuk upacara adatnya dinamakan Mappandoe’ sasi yang berarti bermandi laut.

4. Suku Toraja

suku suku di pulau sulawesi
bagooli.com

Suku Toraja berasal dari wilayah Sulawesi Selatan sama seperti Bugis dan Makassar. Dikenal dengan pesona alam serta wisatanya yang luar biasa. Tak hanya itu saja, beberapa budayanya pun masih sangat dijaga hingga saat ini.

Kebudayaan lokal yang dimiliki suku Toraja adalah upacara pentingnya seperti pernikahan, kematian, dan masih banyak lagi. Namun, yang paling dominan di sini menyangkut upacara kematian (upacara terbesar). Tak hanya itu, ada budaya lainnya juga seperti tarian (Maganda), pakaian serta rumah.

Baca Juga:

5. Suku Bentong

suku di pulau sulawesi
coretanzone.com

Suku Bentong berdiam di wilayah provinsi Sulawesi bagian Selatan, dikenal juga dengan sebutan Tobentong. Menggunakan bahasa campuran antara Bugis dan Makassar. Suka hidup berpindah – pindah, bermata pencaharian nelayan, meramu hasil dari hutan, bertanam padi, ubi dan lain – lain.

Kepercayaan dari suku ini masih mengikuti warisan dari nenek moyang mereka, seperti halnya percaya pada kutukan dan dapat dihindari hanya dengan melakukan sebuah upacara pemujaan atau biasa disebut arajang. Namun mayoritasnya tetap beragama Islam.

6. Suku Duri

suku duri
likesulsel.com

Salah satu dari suku – suku di Pulau Sulawesi Selatan, sama seperti Bentong. Perbatasan pemukimannya berbatasan dengan kabupaten Tana Toraja dibagian Utara, timur hingga selatan kabupaten Luwu dan Sidenreng Rappang, barat Pinrang. Orang duri juga disebut Massenrempulu.

Mata pencaharian penduduk suku Duri adalah bertani, namun ada pula yang beternak dan juga membuat kerajinan. Orang duri juga bisa membuat keju yang biasa disebut “dangke”, diolah dari susu sapi atau kerbau ditambahkan dengan beberapa sari buah atau daun pepaya.

7. Suku Enrekang

suku suku di pulau sulawesi
infopublik.id

Suku Enrekang berada di satu provinsi dengan Duri yaitu di provinsi Sulawesi bagian Selatan. Memiliki obyek wisata yang dinamakan Anggeraja berupa batu cadas dengan tebing yang tegak lurus dan pada tengah tebingnya terdapat sebuah lubang membujur barat ke timur sepanjang 100m.

Selain suku Enrekang, di kabupaten Enrekang terdapat dua suku lainnya yang tinggal disana , yaitu suku Duri dan Maiwa. Dari ketiga suku tersebut mereka membentuk sebuah kesatuan yang dinamakan Massenrempulu, dalam bahasa Enrekang berarti melekat seperti beras ketan.

8. Suku Konjo Pegunungan

suku konjo pegunungan
netralnews.com

Suku Konjo sebenarnya dibagi menjadi dua yaitu Pegunungan dan Pesisir. Konjo Pegunungan ini tinggal di wilayah kecamatan tinggi Moncong. Bahasa yang mereka gunakan adalah Konjo yang masuk kedalam bahasa Makassar maupun se – Sulawesi Selatan.

Mata pencaharian dari suku Konjo sendiri adalah sebagai petani, mereka menggunakan sistim bagi hasil yang dimana pekerjanya menerima ½ hingga 1/3 keuntungan tergantung pada siapa yang membayar. Hingga saat ini orang – orangnya menerapkan hidup secara gotong royong.

9. Suku Minahasa

suku minahasa
flicr.com

Suku Minahasa biasa dikenal sebagai orang Manado ini tinggal di provinsi Sulawesi bagian Utara, letaknya di bagian Timur laut pulau Sulawesi. Terkenal juga karena tanahnya subur yang dijadikan sebagai tempat menanam berbagai macam tanaman seperti kelapa, cengkih, buah hingga sayuran.

Dikenal sebagai suku terbesar di provinsi Sulawesi bagian Utara. Beberapa budaya yang ada di suku ini termasuk “Kabasaran” merupakan sebuah tarian perang, waruga adalah nama dari kuburan atau makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu, rumah adatnya disebut Walawengko.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai suku – suku pulau Sulawesi dengan segala macam keanekaragaman budayanya mulai dari adat istiadat, upacara atau ritual, rumah adat, mata pencahariannya, bahasa yang digunakan, agama dan lain – lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *