suku suku di sumatera

Mengenal Suku-suku di Pulau Sumatera

Mayoritas penduduk yang tinggal di Sumatera adalah dari Ras Melayu. Selain itu, pulau ini juga memiliki kepulauan kecil yang meliputi pulau Nias, Batam dan juga Weh. Tak heran banyak wisatawan asing memuji akan keindahan alam dan beragamnya suku – suku di pulau Sumatera yang tersebar di berbagai wilayah.

Sumatera merupakan pulau dengan urutan keenam terbesar di dunia. Nama Sumatera berasal dari kerajaan Samudra yang terletak di pesisir timur Aceh. Di berbagai prasasti disebut juga sebagai dalam bahasa Sanskerta. Istilahnya disebut “Suwarnadwipa yang berarti pulau emas.

Pulau ini dibagi menjadi beberapa provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Barat, Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung dan masih banyak lagi. Dengan letak astronomisnya, Sumatera termasuk di dalam kawasan tropis.

Mengenal Pulau Sumatera

Sumatera menempati predikat sebagai pulau terbesar nomor dua di Indonesia setelah Kalimantan dan memiliki luas sekitar 473. 481 km persegi. Menariknya juga, pulau ini memiliki banyak nama lain misalnya; pulau Percha, Andalas, Suwarnadwipa, Swarnnabhumi dan juga Bhumi Malayu.

Tidak diragukan lagi bawha pulau Sumatera menyimpan banyak kekayaan di dalamnya mulai dari sumber daya alam hingga kebudayaan yang masih terjaga. Beragamnya suku suku di Sumatera dengan beraneka ciri khas masing – masing dan masih terjaga ciri khasnya, menjadi bukti bahwa pulau Sumatera memiliki kekayaan yang tidak kalah dengan pulau besar lainnya. Selain itu yang menjadi ciri khas pulau ini adalah banyaknya jumlah sungai, perbukitan serta pegunungan.

Nama Suku – suku di Pulau Sumatera

Suku suku di pulau Sumatera terdiri dari beragam macam dengan aneka ragam kebudayaannya. Bahasa yang mereka gunakan kebanyakan Melayu dan itu terbagi ke beberapa jenis dialek yang tersebar se – pulau Sumatera. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa suku – suku di pulau Sumatera:

1. Suku Aceh

suku di sumatera
tempo.co

Termasuk ke dalam bagian suku bangsa Sumatera Utara yaitu Nangroe Aceh Darussalam. Mayoritas agama mereka dulu adalah beragama Hindu, namun setelah Islam datang sekarang semuanya telah berubah menyesuaikan dengan budaya Islam.

Ada beberapa ciri khas dari kebudayaan Aceh meliputi rumah adat yang dinamakan Krong Bade, pakaian adatnya bernama Baju Meukasah dan Cekak Musang, upacara adat yang biasa dilakukan adalah pernikahan, tariannya disebut Seudati, senjata tradisionalnya adalah Rencong.

2. Suku Kubu

suku di sumatera
twitter.com

Suku Kubu dikenal dengan sebutan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba,mereka tinggal di provinsi Jambi dan juga Sumatera bagian Selatan. Menurut tradisi lisan, suku Kubu merupakan orang Maalau Sesat yang lari ke hutan sekitar Air Hitam dan juga Taman Nasional Bukit Duabelas.

Mayoritas agamanya menganut kepercayaan animisme, tapi ada juga dari mereka yang memilih pindah ke agama Islam dan juga Kristen. Mereka hidup dengan berburu, mencari buah – buahan maupun tumbuhan. Konon, suku ini diyakini memiliki kekuatan supranatural yang sangat tinggi.

3. Suku Tamiang

suku di sumatera
netralnews.com

Suku Tamiang atau biasa disebut Suku Melayu Tamiang adalah penduduk asli dari kabupaten Aceh Tamiang. Ada yang mengatakan bahwa orang Tamiang berasal dari Kerajaan Melayu Raya yang berimigrasi.

Mata pencaharian penduduk Suku Tamiang adalah bertani di sawah, ladang maupun tegalan. Dalam hal ini mereka masih menggunakan peralatan yang sederhana layaknya cangkul dan bajak yang masih ditarik sapi atau kerbau, lalu juga menggunakan pertanian tadah hujan.

4. Suku Minangkabau

suku suku di sumatera
saribundo.biz

Suku Minangkabau biasanya disebut dengan “Orang Padang” ini berasal dari provinsi Sumatera bagian Barat. Ciri khas dari suku ini adalah lewat bahasanya yang mirip seperti bahasa Melayu, kepercayaan sukunya adalah mayoritas beragama Islam, adat yang dianut adalah matrilineal.

Budaya merantau adalah kebiasaan yang biasanya dilakukan laki – laki Suku Minangkabau yang mulai beranjak dewasa. Adat pernikahannya juga berlandaskan Islam, lalu juga mempunyai upacara kematian yang tidak lepas dari unsur agama serta adat istiadat.

Baca Juga:

5. Suku Aneuk Jamee

suku suku di sumatera
steemit.com/@auliasar

Salah satu  suku – suku di Indonesia paling barat ini tersebar di sepanjang pesisir bagian barat Nanggroe Aceh Darussalam tepatnya di Singkil, Aceh Selatan, Barat Daya dan juga Simeulue. Adapun Aneuk Jamee masih dalam satu rumpun dengan Minangkabau, bahasanya pun merupakan dialek dari sana.

Aneuk Jamee di bagian Selatan bertempat tinggal di daerah pesisir dekat dengan laut. Mayoritas pencahariannya adalah bercocok tanam dan menggunakan pertanian tadah hujan, berkebun palawija dan beberapa tanaman seperti cengkeh, kopi, karet, kelapa, menjadi nelayan, dan lain – lain.

6. Suku Melayu

suku suku di sumatera
rencongpost.com

Termasuk dari kelompok etnis orang Austronesia terutama yang tinggal di Semenanjung Malaya. Kebudayaan Suku Melayu yang hingga saat ini masih bertahan adalah bahasanya. Dikarenakan sebagai bahasa pengantar dalam berbagai kegiatan keagamaan dan perdagangan sejak abad ke 7.

Suku Melayu dikenal memiliki sopan santun dan juga ramah kepada semua orang. Hal tersebut sudah menjadi adat istiadatnya sejak lama. Adat istiadat yang ada dibagi menjadi tiga yaitu adat sebenar adat, adat yang diadatkan, adat teradat. Mayoritas agamanya adalah memeluk agama Islam.

7. Suku Batak

suku suku di sumatera
indonesiana.id

Menjawab dari pertanyaan “Sebutkan Suku – Suku Di Pulau Sumatera”, Batak adalah jawabannya. Dikenal sebagai salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera bagian Utara. Yang termasuk ke dalam Batak yaitu Toba, Karo, Pakpak, Simalungun, dan lain – lain.

Suku ini dikenal dengan cara bicaranya yang cukup keras dinamakan “Martarombo” artinya mencari hubungan saudara dengan marga sama. Memiliki rumah adat “Bolon”, nilai – nilai budaya meliputi Hagabeon, Hamoraan, Uhum dan Ugari, Pengayoman, Marsisarian dan Kekerabatan.

8. Suku Nias

suku suku di pulau sumatera
boombastis.com

Suku ini tinggal di Pulau Nias yang letaknya di sebelah barat Pulau Sumatera. Penduduk asli di pulau ini menamai diri mereka dengan “Ono Niha” artinya anak manusia, dan menyebut pulaunya dengan “Tano Niha” artinya tanah manusia.

Suku Nias memiliki hukum adat yang dinamakan “Fondrako” artinya mengatur segala kehidupan mulai dari lahir hingga mati. Mata pencahariannya adalah berburu dan meramu, namun ada yang berladang menanam ubi jalar, kayu, kentang dan juga padi. Terkenal dengan budaya lompat batu.

9. Suku Ogan

suku suku di pulau sumatera
majalahteras.com

Penduduknya tersebar di kabupaten Ogan Ilir, Ogan Lulu dan ada yang terdapat di Ogan Komering Ulu Timur, semua itu termasuk dalam suku bangsa Sumatera Selatan. Mereka hidup di sepanjang aliran sungai Ogan dari Batu Raja hingga ke Selapan. Orang di sana disebut juga “Pagagan”

Bahasa yang biasa mereka gunakan termasuk ke dalam rumpun Bahasa Melayu. Dikarenakan mereka biasa memakai bahasa Ogan yang mirip dengan Melayu Deli dan Malaysia.  Adapun tradisi yang merupakan warisan para leluhur yaitu Pengadangan, tradisi ini seputar pernikahan.

10. Suku Kerinci

suku suku di pulau sumatera
goodnewsfromindonesia.id

Suku Kerinci merupakan suku tertua yang kebanyakan tinggal di Kabupaten Kerinci dekat perbatasan provinsi Sumatera bagian Barat. Nama dari Kerinci sendiri diambil dari bahasa Tamil yaitu nama dari bunga Kurinji “Strobilanthes Kunthiana”. Bahasa dan adat istiadat masuk dalam Melayu Proto.

Suku Kerinci juga memiliki aksara bernama “Incung” yang merupakan variasi surat ulu. Penduduknya merupakan orang yang menganut matrilineal. Sedangkan untuk struktur kesatuan masyarakatnya meliputi Kemendapoan, Dusun, Kalbu, Perut, Pintu dan juga Sikat.

Nah, Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai suku – suku pulau Sumatera yang memiliki bermacam – macam budaya dan adat istiadat beranekaragam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!