10 Sungai Terpanjang di Dunia dengan Berbagai Keunikannya

Coba tebak, Amazon, Nil, Mississipi itu nama apa ya? Ya, betul nama – nama tersebut adalah beberapa nama sungai yang sangat terkenal di belahan dunia. Bahkan nama sungai tersebut masuk dalam kategori sungai terpanjang di dunia.

Yang menempati urutan pertama sungai terpanjang di dunia sempat menjadi perdebatan. Perdebatan itu mempersoalkan apakah sungai Nil atau sungai Amazon yang menempati rangking satu.

Jika diukur secara panjangnya Sungai Nil lah yang pantas menempati urutan pertama. Karena Sungai Nil memiliki panjang 6.650 KM, sedangkan Sungai Amazon 6.400 KM. Tetapi Sungai Amazon memiliki keunggulan dalam sisi total aliran, bahkan jika Sungai Nil, Mississipi  dan Yangtze digabungkan tidak mampu mengalahkan Sungai Amazon.

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Dunia

Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang di dunia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Nama sungai raksasa yang masuk daftar ini rata – rata memiliki panjang di atas 4.000 KM. Ya, 4000 KM. Jarak antara Nusa Tenggara Timur dengan Medan ( menggunakan Google Map 4.098 KM).

Baca juga yuk!

1. Sungai Nil, Afrika Timur – 4.650 Km

sungai terpanjang di dunia
egypttoday.com

Status sungai terpanjang di dunia dipegang Sungai Nil. Sungai yang berada di Afrika Timur ini memiliki panjang 6.650 km atau setara 4.132 mil.  Di dalam Sungai Nil terdapat saluran  pembuangan air dengan luas 3.254.555 KM. pembuangan tersebut mengalir dari Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania.

Dengan panjang tersebut, Sungai Nil menjadi tumpuan banyak negara di Afrika. Tercatat sekitar 11 negara dilewati Sungai Nil. Negara tersebut meliputi, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Kongo, Kenya, Ethiopia, Eretrea, Sudan Selatan, Sudan, Mesir. Sungai Nil berperan penting untuk keberlangsungan hidup di sana, karena mampu menghasilkan  tanah yang subur.

2. Sungai Amazon, Amerika Selatan – 6.400 Km

sungai terpanjang di dunia
alchetron.com

Sungai terpanjang di dunia selanjutnya adalah Sungai Amazon. Sungai ini terletak di Amerika Selatan dan tercatat memiliki panjang 6.400 km. Keunggulan yang dimiliki Sungai Amazon adalah total aliran yang dimiliki menjadi terbesar dibandingkan sungai terpanjang lainnya. Bahkan, jika Sungai Nil, Yangtze dan Mississipi digabungkan belum mampu mengalahkannya.

Yang menarik sekaligus mengerikan, terdapat hewan berbahaya yang hidup di Sungai Amazon. Hewan tersebut diantaranya, ulat beracun, katak beracun, ikan Candiru (memiliki sifat parasit) dan tyranobdella rex (sejenis lintah). Fakta menarik lainnya, di bawah sungai Amazon juga terdapat sungai yang memiliki panjang ribuan kilometer.

3. Sungai Yangtze, China – 6.300 Km

sungai terpanjang di dunia
steppestravel.com

Predikat sungai terpanjang di dunia ketiga diduduki Sungai Yangtze. Selain itu, sungai yang berada di China ini merupakan sungai terpanjang di Asia. Dengan panjang yang dimiliki 6.300 km, lembah Sungai Yagtze dapat menampung sepertiga penduduk China.

Sungai Yangtze memiliki peran penting dalam peradaban Tiongkok. Dalam kurun waktu 2000 tahun, sungai ini menjadi saksi kegiatan ekonomi di China. Selain kegiatan industri, warga juga memanfaatkan untuk kebutuhan sanitasi dan transportasi.

4. Sungai Mississipi, Amerika Utara – 3.740 Km

sungai terpanjang di dunia
britannica.com

Memiliki panjang 3.740 km menjadikan Sungai Mississippi menempati urutan keempat sungai terpanjang di dunia. Sungai ini berada di Amerika Serikat mengalir dari selatan melintasi tengah AS. Selain itu Mississippi memiliki banyak anak sungai.

Keberadaan Sungai Mississippi memiliki pengaruh yang besar dalam kemajuan Amerika Serikat. Sungai ini digunakan untuk kegiatan transportasi melalui air. Beberapa negara bagian yang dilewati adalah, Wisconsin, Liwa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas dan Mississippi.

5. Sungai Yanisei, Asia – 5.539 Km

sungai terbesar di dunia
worldatlas.com

Sungai Yenisei memiliki panjang 5.539 km dengan saluran pembuangan seluas 2,5 juta km persegi. Dengan panjang tersebut sungai yang berada di China ini menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia.

Sungai Yenisei memiliki saluran pembuangan air dengan luas 2.580.000 km. Fakta menarik lainnya ternyata sungai Yenisei masih menjadi bagian dari sungai Yellow, sungai yang mengandung lumpur dan berwarna kuning.

6. Sungai Yellow, China – 5.410 Km

sungai terpanjang di dunia
tricycle.org

Sungai Yelloh menduduki posisi ke enam sungai terpanjang di dunia. Selain dikenal dengan sungai Kuning, di China sungai ini biasa disebut dengan nama Huang He. Panjang sungai Yellow adalah 5.464 km atau setara 3.399 mil.

Sama seperti sungai Yangtze, keberadaan sungai Yellow juga berperan besar dalam sejarah peradaban di China. Saluran pembungan yang dimiliki juga tak kalah luas, tercatat 745.000 km2. Mengalir dari pegunungan Kunlun hingga Laut Bohai, saluran air tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk irigasi.

7. Sungai Ob, Asia – 4.480 Km

sungai terbesar di dunia
russianconstruction.com

Memiliki panjang 5.410 km, menjadikan sungai Ob menempati urutan ketujuh sungai terpanjang di dunia. Sungai ini terletak di Rusia tepatnya kawasan Siberia Barat. Sungai Ob mengalir dari persimpangan sungai Biya dan Katun melalui Siberia menuju teluk Ob.

Fakta menarik tentang sungai Ob ternyata saat musim dingin sungai ini membeku. Selain itu Ob memiliki pemandangan yang memukau di Novosibirsk, kota dengan penduduk terbanyak ketiga di Rusia. Setidaknya terdapat kota – kota besar di tepi Ob seperti Barnaul, Surgut dan Salekhard.

8. Sungai Parana, Amerika Selatan

sungai terbesar di dunia
piranhaguide.com

Memiliki panjang 4.480 menjadikan sungai Parana menempati urutan kedelapan, selain itu Parana menjadi sengai terbesar kedua di Amerika Selatan setelah sungai Amazon. Berdasarkan sejarah nama Parana berasal dari bahasa Tupi yang memiliki arti ‘Seperti Laut’.

Parana memiliki saluran pembuangan air seluas 2.582.672 km persegi. Sungai ini mengalir melewati sejumlah negara di Amerika Selatan seperti Brazil, Argentina dan Paraguay. Sungai ini jika dilihat di gambar selain indah juga terlihat jelas sebagai pemisah antara tiga negara tersebut.

9. Sungai Congo, Afrika – 4.700 Km

sungai kongo
answersafrica.com

Sungai yang berada di Afrika ini menjadi yang terbesar kedua setelah sungai Nil. Congo memiliki panjang 4.700  km serta saluran pembuangan seluas 3.680.000 km persegi. Selain memiliki status terpanjang, sungai Congo juga terkenal dengan kedalamannya. Diperkirakan kedalaman tersebut mencapai  220 m.

Di Afrika sungai sungai Congo memiliki sebutan Zaire. Selain terkenal dalam, sungai Congo juga memiliki volume air yang tinggi, bahkan di bawah sungai Amazon. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, sungai Congo mampun mensuplai kebutuhan listrik di sub sahara Afrika.

10. Sungai Armur, Argun – 4.440 Km

sungai amur terbesar di dunia
independent.co.uk

Setelah sungai Yangtze, sungai Yellow di China masih terdapat sungai terpanjang di dunia yang menempati urutan kesepuluh, sungai Armur. Meskipun menempati urutan terakhir dalam artikel ini, Armur masih memiliki panjang diatas 4. 000 km, tepatnya 4.444 km. Sungai ini terletak di Argu, Rusia dan menjadi pembatas antara Rusia dengan China.

Fakta menarik tentang sungai Armur, ternyata sungai ini memiliki banyak sekali anak sungai. Beberapa anak sungai utama Armur adalah, Bureya, Zeya, Amgen, Ergune, Huma, Songhua dan Ussuri. Selain itu, Armur juga menjadi tempat terindah fauna dari ratusan jenis burung dan ikan.

Demikian artikel yang membahas tentang 10 sungai terpanjang di dunia. Sungai yang berada di berbagai belahan dunia tersebut memiliki berbagai kelebihan sehingga menduduki status sungai terpanjang. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan pengetauan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *