Home » Bisnis » 5 Tips Lulus Tes CPNS Agar Sukses Mengikutinya

5 Tips Lulus Tes CPNS Agar Sukses Mengikutinya

Menjadi Aparatus Sipil Negara (ASN) adalah idaman banyak orang. Berbagai persiapan dilakukan agar bisa sukses mengikuti tes dan berhasil menjadi pegawai negeri.

Sebenarnya di era digital ini masyarakat semakin mudah dalam melakukan persiapan. Ada banyak materi dan simulasi yang bisa dipelajari.

Selain hal teknis tersebut, ada beberapa tips yang perlu dipersiapkan. Memohon ridho dan doa orang tua misalnya. Jangan sampai, keputusan tersebut tidak diinginkan oleh mereka.

Tips Lulus Tes CPNS

1. Berdoa Memohon Pertolongan Allah

tips lulus tes cpns
freepik.com

Tips pertama untuk bisa sukses lulus tes CPNS adalah berdoa. Kita harus sadar bahwa rejeki, jodoh dan maut dalam kuasa Allah Swt.

Sehingga, dalam melakukan setiap aktifitas hendaklah selalu melibatkan Allah Swt. Jangan sampai, kita sudah berusaha mati – matian tetapi Allah Swt belum berkehendak.

Kalau Allah sudah berkehendak, jangankan hanya lulus tes CPNS, keinginan lain yang lebih fantastis pun dapat Anda gapai.

Selain sudah mengerjakan ibadah – ibadah wajib, tidak ada salahnya juga mengerjakan amalan sunah seperti puasa Senin dan Kamis, Sholat Duha, Sholat Tahajud dan lainnya.

Setelah berdoa dan mempersiapkan segalanya, kita pasrahkan kepada Allah Swt apapun hasilnya itu adalah yang terbaik.

“Tugas kita itu hanya berdoa dan dibarengi dengan usaha. Semua sudah diatur oleh Allah Swt. Sebaik dan sebagus apapun rencana dan usaha yang kita kerjakan, tidak kalah baik dengan rencana Allah Swt. Jadi, jangan sombong! Berdoalah! Mintalah kepada Allah Swt apa yang dinginkan!”. Anonymous

2. Minta Ridho dan Doa Orang Tua

tips lulus tes cpns
kaltim.tribunnews.com

Tips kedua adalah memohon ridho dan doa orang tua. Betapa banyak dalam kehidupan nyata terkadang keinginan kita bertentangan dengan orang tua.

ehingga suatu yang mengganjal itu menjadi penghalang setiap langkah yang diputuskan. Akhirnya tidak sedikit yang terseok – seok dalam berbagai hal saat orang tua tidak ridho. Alih – alih kesuksesan yang didapat, ujung – ujungnya adalah penyesalan.

Sebaliknya, apabila orang tua sudah ridho tinggal tunggu saja kapan keajaiban – kejaiban itu menghampiri. Setelah orang tua ridho, secara otomatis mereka akan selalu mendoakan kebaikan – kebaikan untuk anaknya.

Contohnya pun tidak sedikit. Banyak kisah sukses seseorang yang menceritakan bahwa salah satu kuncinya adalah ridho dan doa orang tua.

Utarakan niat untuk mengikuti tes CPNS kepada mereka. Buat senyum dengan optimisme dan keyakinan bahwa Anda sudah siap dan yakin bisa berhasil. Bisa dipastikan merekapun akan meridhoi dan mendoakan.

3. Siapkan Berkas Yang Dibutuhkan

tips lulus tes cpns
pixabay.com

Dalam urusan berkas atau dokumen ini sebaiknya sudah dipersiakan jauh – jauh hari, bahkan sebelum pemerintah mengumumkan penerimaan seleksi CPNS.

Sehingga, bisa mengevaluasi berkas apa saja yang sudah disiapkan dan berkas apa saja yang belum ada. Karena tidak semua berkas bisa disiapkan dengan cara mendadak, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) misalnya.

Dari berbagai sumber yang dihimpun. Setidaknya ada beberapa berkas penting yang menjadi syarat untuk melamar menjadi CPNS. Berkas – berkas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Scan Kartu Keluarga (KK)
  3. Pas Foto
  4. Scan Ijazah
  5. Scan Transkrip Nilai
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Selain dokumen yang sudah disebutkan diatas, berkas yang lainnya adalah daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) dan surat lamaran kerja.

Setelah semua sudah disapkan berarti sudah siap untuk bertempur ke medan perang. Seperti mau perang saja ya?

Kumpulan artikel populer lainnya!

4. Fokus Persiapan Tes Kemampuan Dasar (TKD)

tips lulus tes cpns
pixabay.com

Secara umum rangkaian seleksi tes CPNS dibagi menjadi dua tahap, Tes Kemampuan Dasar  (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Untuk TKD sendiri terdiri dari tiga poin, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Semua yang berkaitan denga tes TKD seperti yang telah disinggung di atas, Anda bisa mempersiapkannya dengan memanfaatkan kecanggihan serach engine Google.

Banyak contoh soal – soal bertebaran internet, Anda tinggal memilah mana yang sekiranya paling bagus dan pas untuk dipelajari. Untuk menambah wawasan tentang seputar TKD, berikut gambaran sederhananya.

Apa itu TWK ?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah tes yang berisi kumpulan soal yang berkaitan dengan implementasi sikap nasionalisme, kemampuan Bahasa Indonesia, pengetahuan Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI, integritas, bela negara, dan pilar negara.

Apa itu TIU ?

Sedangkan Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah tes dengan serangkaian kumpulan soal seputar kemampuan menyampaikan verbal atau informasi secara lisan maupun tulisan.

Selain itu ada juga soal tentang kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka – angka.

Apa itu TKP ?

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah kumpulan soal yang meliputi seputar pelayanan publik, teknologi informasi dan komunikasi, sosial budaya, profesionalisme, semangat berprestasi dan integritas diri.

5. Mempersiapkan Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Setelah Anda melewati TKD dan berhasil memenuhi nilai yang telah ditetapkan. Maka tahapan selanjutnya adalah mengikuti TKB.

Dalam TKB ini peserta akan melewati tiga tahap tes yang meliputi Tes Substansi Jabatan, Tes Penulisan Esai, dan Tes Wawancara.

Terkait TKB ini, soal tes akan disesuaikan dengan instansi yang dilamar peserta. Maka bagi Anda yang yakin dengan kemampuan yang dimiliki sesuai jabatan yang dilamar, tes ini tidak akan menjadi sebuah halangan, karena sudah berkaitan dengan bidangnya.

Semua tahapan seleksi sudah dilalui, langkah selanjutnya adalah kita kembalikan kepada Allah Swt. Apabila memang sudah menjadi kehendak-Nya, pasti akan terwujud.

Namun, jika belum diberi kesempatan untuk menjadi abdi negara, harus bisa menerima dengan lapang dada, selalu ada kesempatan.

Bagi yang sudah berhasil, pastikan menjadi abdi negara yang baik, yang memiliki slogan anti Korupsi Kolusi dan Nepotisme, bukan sekedar slogan tapi benar – benar dipraktekkan. Semoga tips lulus tes CPNS ini bermanfaat.

2 thoughts on “5 Tips Lulus Tes CPNS Agar Sukses Mengikutinya”

  1. Mantab …warbiasahhh, sangat membantu dan memcerahkan bagi teman2 yg mau mengikuti tes CPNS👍👍

    Reply
    • semoga infonya bermanfaat kak

      Reply

Leave a Comment