9 Tips Menghafal Al-Qur’an secara Mandiri untuk Pemula

Sebagian dari umat muslim mungkin memiliki angan dapat menghafal Al Quran beberapa bagian atau bahkan semuanya. Tidak mengherankan banyak yang mencari tips menghafal Al Qur’an yang mudah.

Setidaknya dengan adanya tips ataupun masukan tersebut bisa lebih termotivasi. Meskipun demikian, masih sedikit yang benar-benar mewujudkan mimpi tersebut.

Alasan paling mendasar yang biasanya terucap adalah mengenai sulitnya proses menghafal itu sendiri. Terlebih bagi mereka yang usianya sudah tak muda lagi.

Usia yang sudah tua biasa dianggap sebagai penghalang seseorang dalam mewujudkan usahanya menghafal ayat-ayat suci Allah karena semakin sulitnya menghafalkan sesuatu.

Bagi kalian yang terlintas pertanyaan mengenai bagaimana cara menghafal Al Quran yang mudah dan cepat bagi pemula, tips menghafal Al Quran berikut mungkin bisa dipraktikkan.

Tips Menghafal Al Quran yang Mudah dan Cepat

Menghafal Al Quran memang tak bisa dilakukan sembarangan layaknya menghafal materi – materi pelajaran duniawi.

Terlebih bagi yang biasa menghafalkan sesuatu melalui sistem kebut semalam, menghafal Al Quran tidak dapat dilakukan secara cepat. Dibutuhkan proses yang memang tidak sebentar.

Kesabaran adalah kunci utama pada proses menghafal Al Quran. Nah, bagi yang benar-benar tertarik untuk memulai hafalan, berikut adalah 9 tips menghafal Al Quran sendiri secara otodidak bagi pemula:

1. Meluruskan Niat

tips menghafal al quran
imam-us.org

Sebelum mulai tips agar cepat menghafal Al Quran lebih lanjut, tanyakan kembali pada diri sendiri mengenai alasan kenapa ingin menghafal Al Quran. Apakah karena disuruh oleh orang tua, teman, atau memang murni untuk mendekatkan diri kepada Allah semata. Niat yang benar menjadi kunci dasar agar dimudahkan dalam proses menghafal.

Apabila niat dari awal sudah salah, seperti ingin pamer (riya), membanggakan diri (ujub), atau karena ingin di panggil sebagai hafidz dan hafidzoh maka akan sangat fatal akibatnya di kemudian hari. Jika niatnya salah akan mudah kehilangan semangat karena niat awal bukan karena Allah.

Dengan niat menghafal hanya karena Allah, maka ketika perasaan lelah atau malas muncul, hal tersebut tak akan menjadi penghalang yang berarti.

2. Melaksanakan Shalat Hajat

tips menghafal al quran
amazonaws.com

Tips agar mudah menghafal Al Quran yang kedua adalah melaksanakan shalat hajat sebelum memulai kegiatan menghafal Al Quran. Shalat hajat layaknya mengetuk pintu pada Sang Pemilik Al Quran, meminta izin agar diberikan kemudahan dalam proses menghafal nantinya.

Kalian dapat melakukan shalat hajat dua rakaat di malam hari bersamaan dengan shalat tahajjud. Tak hanya dilakukan di awal proses menghafal, selain itu hal yang bisa dilakukan rutin adalah melaksanakan shalat hajat ini jika berada dalam fase malas atau sangat kesulitan menghafal ayat-ayat yang panjang.

3. Memperbaiki Bacaan

tips menghafal al quran untuk pemula
4.bp.blogspot.com

Sebelum jauh-jauh menghafal ayat Al Quran, ada baiknya menengok kembali apakah bacaan yang dimiliki sudah baik dan benar atau belum.

Tips menghafal Al Quran yang satu ini sangat penting dilakukan agar kita tidak salah mengucapkan ayat yang pada akhirnya bisa merubah arti dari ayat tersebut.

Bagi yang belum terlalu lancar membaca, terlebih dahulu bisa belajar tajwid terlebih dahulu dengan seorang guru mengaji.

Tak perlu malu jika usia sudah tak muda lagi karena ada banyak orang-orang tua yang juga melakukan hal sama dengan. Tak ada kata terlambat untuk mulai mengenal Al Quran.

Salah satu tips menghafal Al Quran lain yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari  bahasa aslinya terlebih dahulu, yaitu bahasa Arab.

Dengan mempelajari bahas Arab terutama kosa kata yang banyak di gunakan di Al Quran, ilmu nahwu, serta sharaf, kalian akan lebih mudah mengetahui arti dari ayat yang sedang dihafalkan.

Terlebih beberapa ayat dalam Al Quran sifatnya saling sambung menyambung artinya. Mengetahui arti sebuah ayat akan mempermudah mengingat ayat sebelum ataupun sesudahnya. Kesannya memang rumit dan membutuhkan waktu ekstra di awal, namun percayalah bahwa usaha tersebut tentu akan mempermudah proses menghafal selanjutnya.

4. Memberi Waktu Khusus setiap Harinya

tips menghafal al quran
empowerandinspire.es

Salah satu kunci penting dalam tips agar bisa menghafal Al Quran adalah konsistensi, yaitu terus menerus melakukan tambahan hafalan setiap hari meskipun hanya sekadar satu atau dua ayat saja.

Oleh karena itu memberikan waktu khusus untuk menghafal Al  Quran sangat dianjurkan. Jangan sampai rencana menghafal Al Quran justru hanya dilakukan saat memiliki waktu luang saja.

Layaknya belajar di sekolah yang memang sudah di desain sedemikian rupa, buatlah jam-jam khusus untuk menghafal Al Quran. Menurut Imam Al Khatib Al Baghdadi ada beberapa waktu yang sangat manjur untuk menghafal, yaitu sepertiga malam terakhir, pagi hari setelah subuh hingga waktu dhuha, serta pertengahan hari.

Kalian dapat mencoba menghafal di tiga waktu tersebut dan rasakan waktu mana yang paling cocok bagi sesuai situasi dan kondisi.

Baca juga yuk!

5. Menggunakan Metode yang Cocok dengan Diri Sendiri

tips menghafal al quran
dieprojektmanager.com

Ada banyak metode menghafal Al Quran yang bisa dicoba. Umumnya seseorang yang menghafal Al Quran menggunakan dua metode yaitu menghafal per ayat atau menghafal per halaman. Dua metode ini juga memiliki poin plus-minusnya sendiri.

Jika nenutuskan memilih metode menghafal per ayat, maka kendala yang mungkin akan dihadapi adalah saat dihadapkan dengan ayat-ayat panjang, dimana satu halaman bisa saja hanya menjelaskan dua ayat.

Oleh karenanya dalam sehari bisa saja menghafal dua halaman, cukup melelahkan mungkin. Di sisi lain, bagi yang ingin menggunakan metode hafalan per halaman, mungkin akan dihadapkan pada halaman yang mengandung ayat dengan bahasa yang tidak familiar sehingga cukup sulit diingat.

6. Mengkondusifkan Lingkungan dan Meminta Dukungan Orang Terdekat

tips menghafal al quran
gamcare.org.uk

Tips menghafal Al Quran selanjutnya adalah berusaha membuat lingkungan sekitar menjadi kondusif agar proses menghafal dapat berjalan dengan lebih lancar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengutarakan niat untuk mulai menghafal Al Quran pada keluarga terdekat, seperti suami, istri, atau orang tua.

Cara ini hanya ditujukan untuk memberi tahu bahwa mungkin membutuhkan beberapa jam menyendiri untuk fokus pada hafalan, bukan ditujukan untuk pamer atau riya’.

Terlebih bagi yang berprofesi sebagai Ibu rumah tangga dengan segudang tugas, memberi tahu pasangan mengenai niat ini akan sangat membantu pada waktu menghafal.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan rutin mengikuti kajian, bertemu dengan orang-orang yang juga sedang menghafal Al Quran agar semangatterus ter-recharge. Apalagi jika saat bertemu dengan seorang teman yang siap untuk membantu dalam proses mengulang-ulang hafalan, tentu akan semakin menyenangkan bukan?

7. Murojaah, “Musik” adalah Al Quran

tips menghafal al quran
bimbinganislam.com

Agar hafalan yang sudah dimiliki tidak mudah hilang, tips menghafal Al Quran selanjutnya adalah rutin mengulang-ulang bacaan (murojaah) tiap harinya. Carilah orang yang mau menyimak hafalan yang sudah dimiliki. Baik itu pasangan, orang tua, atau guru yang memiliki hafalan lebih.

Kalian dapat membagi waktu hafalan setiap hari menjadi dua, yakni untuk menambah hafalan ayat dan mengulang ayat yang sudah dihafal.

Ada satu tips menghafal lain yang menarik untuk dicoba, yakni dengan mengganti musik yang sering didengar dengan bacaan Al Quran. Dengan begitu, secara tak langsung juga akan ikut melakukan pengulangan ayat-ayat yang telah dihafalkan.

8. Menggunakan Satu Mushaf yang Sama dari Awal sampai Akhir

tips menghafal al quran
freepik.com

Tips menghafal ayat Al Quran dengan cepat yang mungkin tak banyak diketahui adalah dengan menggunakan satu mushaf Al Quran yang sama dari awal hafalan hingga akhir.

Dengan menggunakan satu mushaf yang sama, maka akan lebih mudah mengingat dimana letak ayat yang dihafal. Cara ini juga dipraktikkan oleh santri-santri didikan Ustad Adi Hidayat sehingga mereka dapat tahu persis letak Ayat A berada di sebelah kiri atas halaman sekian.

9. Memperbanyak Doa dan Menjauhi Maksiat

tips menghafal al quran
freepik.com

Tips menghafal Al Quran terakhir adalah memperbanyak doa kepada Allah serta menjauhi maksiat yang bisa melunturkan hafalan kita. Salah satu imam besar umat Islam, yakni Imam Syafii, pernah mengeluhkan sulitnya menghafal ayat-ayat Al Quran kepada gurunya.

Lalu Sang Guru menjelaskan bahwa ilmu adalah cahaya, sedangkan cahaya tidak akan Allah berikan kepada orang yang masih mengerjakan maksiat. Oleh karenanya, agar hafalan kita tak mudah luntur, sebaiknya untk mulai menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Nah, itulah sembilan tips menghafal Al Quran dengan mudah bagi pemula yang bisa dipraktikkan. Kunci sukses menghafal Al Quran adalah kesabaran dan konsistensi.

Yakinkan diri bahwa dibalik kesulitan yang mungkin akan muncul pada proses menghafal, terdapat imbalan yang sangat besar yang telah disiapkan oleh Allah. Selamat memulai hafalan Al Quran!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *