Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Kamboja Lengkap

Gambar Peta Kamboja Lengkap

Kamboja yang beribukota di Phnom Penh merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara. Luas wilayahnya sekitar 181,035 km2 dengan wilayah daratan 176,515 km2 atau sebesar 98%.

Kamboja berbatasan dengan Laos di utara, Thailand di sebelah barat dan selatan, serta Vietnam di sebelah timur. Secara astronomis, Kamboja terletak pada 10⁰LU – 14⁰LU dan 102⁰BT – 108⁰BT sehingga negara ini mengalami musim hujan dan kemarau.

Pertumbuhan ekonomi Kamboja termasuk tinggi, yaitu sekitar 7%. Pendapatan terbesar diperoleh dari sektor pertanian, perhutanan, perikanan, garment, tekstil, pertambangan batu bara, dan pariwisata. Simak gambar peta Kamboja lengkap berikut ini.

Peta Kamboja

Gambar Peta Kamboja Lengkap

peta kamboja
maps-cambodia.com

Pada gambar peta berikut ditampilkan wilayah negara Kamboja secara lengkap yang meliputi daratan dan lautan. Kamboja berbatasan dengan negara Thailand, Vietnam, dan Laos.

Ibukota Kamboja berada di kota Phnom Penh. Beberapa kota penting lainnya antara lain Kamport, Kompong Thom, Puok, Lomphat, Krakor, Kohnieh, Kampong Cham, Kampong Chhnang, Stung Treng, Battambang, dan sebagainya.

Peta Kamboja Hitam Putih

peta kamboja hitam putih

Peta Kamboja hitam putih memberikan gambaran wilayah negara Kamboja lengkap dengan pembagian kotanya. Kamboja memiliki 20 provinsi dan 4 kota setingkat provinsi. Setiap provinsi dan kota masing-masing dipimpin oleh Gubernur dan Walikota.

Peta Buta Kamboja

peta buta kamboja

Peta Kamboja yang mudah digambar disusun untuk memberikan detail geografis Kamboja. Melalui gambaran peta ini, terlihat bentuk negara Kamboja disertai dengan jalan penghubung antarkotanya.

Kamboja Maps

map kamboja
britannica.com

Kamboja maps membantu keperluan menelusuri negara Kamboja, termasuk kota-kota besar di dalamnya. Selain itu, peta ini dapat menampilkan perbatasan wilayah Kamboja dengan negara di sekitarnya.

Baca juga: Peta Malaysia

Profil Negara Kamboja

negara kamboja

Kamboja merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk kerajaan. Negara ini dijuluki sebagai Tanah Kedamaian dan Kemakmuran atau Land of the Khmer. Hal ini karena Kamboja atau Kampuchea berarti tanah kedamaian.

Nama negaraKamboja
Ibukota negaraPhnom Penh
Bentuk pemerintahanMonarki konstitusional
Kepala negaraRaja
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Lagu kebangsaanNokoreach (Royal Kingdom)
Mata uangRiel (KHR)
BahasaKhmer

Luas Wilayah Kamboja

Negara Kamboja memiliki luas sekitar 181,035 km2 dengan wilayah daratan 176,515 km2 atau sebesar 98% dan sisanya merupakan perairan. Dominasi wilayah daratan ini menjadikan Kamboja memperoleh pendapatan dari sektor darat seperti pertanian.

Letak Geografis Kamboja

Kamboja terletak di Asia Tenggara dan ibukotanya yakni Phnom Penh yang terletak tepi Sungai Mekong. Batas-batas wilayah Kamboja yaitu:

  • Utara: berbatasan dengan Laos dan Thailand
  • Selatan: berbatasan dengan Teluk Thailand
  • Timur: berbatasan dengan Vietnam
  • Barat: berbatasan dengan Thailand

Kondisi geografis Kamboja didominasi oleh tanah daratan dan sungai besar seperti Sungai Mekong. Letak negara Kamboja cukup strategis karena berada di jalur perdagangan yang menghubungkan China ke India dan Asia Tenggara.

Letak Astronomis Kamboja

Secara astronomis, Kamboja terletak pada 10⁰LU – 14⁰LU dan 102⁰BT – 108⁰BT. Dengan letak astronomis ini, Kamboja mengalami dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Suhu udara di Kamboja berkisar 21⁰-35⁰ Celcius.

Penduduk Kamboja

Penduduk Kamboja diperkirakan mencapai lebih dari 17 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan penduduk sekitar 1,7% setiap tahun. Mayoritas penduduknya bekerja pada sektor pertanian dan perkebunan.

Bahasa dan Agama Penduduk Kamboja

Bahasa resmi Kamboja yaitu bahasa Khmer. Para penduduk menggunakan bahasa resmi untuk berkomunikasi sehari-hari. Di samping itu, bahasa Prancis dan Inggirs juga cukup sering digunakan.

Sekitar 85% penduduk Kamboja adalah bangsa Khmer yang merupakan penduduk asli Kamboja. Sisanya berasal dari pedalaman Vietnam, Tionghoa, dan lainnya. Adapun sebagian besar penduduk menganut agama Budha.

Ekonomi dan Sumber Daya Alam Kamboja

Pendapatan terbesar Kamboja diperoleh dari sektor pertanian, perhutanan, perikanan, garment, tekstil, pertambangan batu bara, dan pariwisata.

Adapun sumber daya yang dihasilkan antara lain beras, karet, kayu, minyak bumi, dan gas alam.

Referensi

  • https://kemlu.go.id
  • https://britannica.com
  • https://id.maps-cambodia.com
  • https://id.wikipedia.org
  • https://www.kompas.com

Leave a Comment